Pemkab Balangan Canangkan Kampanye Measles Rubella

KabarKalimantan, Paringin – Pemukulan gong oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Yusliansyah yang mewakili Bupati Balangan H Ansharuddin mendandakan peryataan pemkab setempat memulai Pencanangan Kampanye Measles Rubella (MR).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Taman Sanggam, Rabu (1/8) ini, Bupati Balangan H Ansharuddin melalui Yusliansyah mengungkapkan, pencanangan kampanye MR itu memang bertujuan untuk memerangi penyakit Campak dan Rubella yang sampai sekarang belum dapat diobati, namun kenyataannya bisa dicegah dengan pemberian imunisasi.

“Seperti yang kita pahami, Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella atau kecacatan yang disebabkan oleh infeksi rubella saat kehamilan atau Congenital Rubella Syndrome,” ujar Yusliansyah.

Ia mengatakan, salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mempercepat pencapaian tujuan tersebut adalah dengan melaksanakan kampanye atau imunisasi massal dan introduksi imunisasi campak/MR kepada anak berusia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun. Sehingga mata rantai penularan virus campak dan rubella dapat diputuskan.

Baca Juga :   2017, Ada Lima ASN Pemkab Balangan Dipecat

“Untuk itu, saya mengajak seluruh unsur di daerah beserta perangkat kerjanya, organisasi masyarakat sipil dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam imunisasi massal MR ini,” tandasnya di hadapan Forkopimda Balangan, sejumlah tokoh masyarakat, serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan yang hadir dalam acara itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan H Akhmad Nasa’i membeberkan, untuk pelaksanaan kampanye campak ini dilaksanakan di seluruh Indonesia kecuali Pulau Jawa. Sebab, Pulau Jawa sudah lebih dulu melaksanakannya pada tahun lalu.

Ia menjelaskan, imunisasi ini akan dilakukan dalam dua fase. Fase pertama, yakni Agustus ini dilakukan di seluruh sekolah yang terdiri dari sekolah PAUD  sampai dengan tingkat SMP/SMPLB sederajat. Selanjutnya, pada September nanti diberikan untuk anak-anak di luar usia sekolah yang dilaksanakan di Pos Imunisasi seperti Posyandu, Polindes, dan fasilitas-fasilitas kesehatan lainnya.

Baca Juga :   Pemkab Balangan Terima Penghargaan Pengelolaan APBD Bidang Pendidikan

“Imunisasi MR ini diberikan tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Artinya, meskipun imunisasi sudah lengkap tetap akan diberikan imunisasi MR,” ujarnya.

Nasa’i juga mengatakan, untuk Kabupaten Balangan, pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan sasaran imunisasi yang diperkirakan berjumlah 36.592 anak. Dinas Kesehatan Balangan pun telah menyiapkan setidaknya ada 659 pos imunisasi yang terdiri dari sekolah dan posyandu, ditambah dengan kesiapan petugas kesehatan yang tersebar di 12 puskesmas yang ada di Kabupaten Balangan.

“Selain sebagai penanda dilaksanakannya imunisasi massal MR di Kabupaten Balangan, kegiatan ini juga sebagai introduksi vaksin MR ke dalam program imunisasi rutin yang akan diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan dan usia kelas 1 SD sederajat menggantikan vaksin campak,” pungkasnya.(advertorial)

FM Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here