Rab. Jan 27th, 2021

Pemkab Balangan Launching Tiga Desa Layak Anak

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Ratusan anak sekolah dari berbagai tingkatan di Kabupaten Balangan nampak antusias mengikuti lomba dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang digelar di Gedung Sanggam, Kabupaten Balangan, Selasa (28/8).

Jelas saja, peringatan HAN yang dihadiri Asisten III Pemkab Balangan H Rasman ini berlangsung sangat meriah dengan suguhan berbagai pementasan yang dibawakan anak-anak mulai dari tingkat Paud hingga tingkat SLTA.

Tak hanya itu, bermacam lomba yang dimotori Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Balangan, seperti lomba menggambar tingkat SLTP dan SLTA, meronce untuk tingkat TK, dan mengarang surat untuk ibu-bapak pada tingkat SD, serta lomba menyanyi trio untuk Forum Anak Kabupaten Balangan juga turut mengundang perhatian.

“Ini momen bahagia bagi anak-anak kita. Hari ini (kemarin, red) anak-anak Balangan memperlihatkan kreativitasnya, kebolehannya di hadapan kita semua,” ujar Kepala DP3A Kabupaten Balangan Hasmiati di sela acara.

Dalam kesempatan itu, tambah Hasmiati, juga dilaksanakan launching tiga desa di Kecamatan Paringin yakni Desa Balida, Desa Dahai, dan Desa Lamida Bawah sebagai Desa Layak Anak di Balangan dan langkah menuju Kabupaten Layak Anak. “Sebagai orangtua, kita harus memberikan perhatian lebih kepada anak-anak. Berikan perlindungan kepada mereka, demi cerahnya masa depan mereka kelak,” tegasnya.

Hasmiati juga meminta kerjasama semua pihak demi terlaksananya program Desa Layak Anak menuju Kabupaten Layak Anak yang digagasnya. Sehingga anak-anak di Kabupaten Balangan benar-benar mendapatkan haknya sebagai anak menuju masa depan yang cerah.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansaruddin dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Pemkab Balangan Karim S mengatakan tema ‘Anak Indonesia, Anak Genius’ yang diusung dalam peringatan HAN dirasa sangat pas. “Anak Indonesia, Anak Genius yang artinya, Gesit, Empati, Berani, Uggul dan Sehat sangat pas diaplikasikan kepada anak-anak di Bumi Sanggam,” jelasnya.

Ia mengingatkan, setiap orangtua harus benar-benar memahami kewajiban utama sebagai orangtua untuk mempersiapkan anak-anaknya menghadapi tantangan yang mengaadang mereka.

“Kewajiban kita sebagai orangtua menciptakan dan memelihara  serta mendukung hak-hak anak, yaitu hak hidup, hak tumbuh kembang, hak berpartisipasi sesuai harkat dan martabat anak serta hak mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” imbuhnya.

Desa Layak Anak, tambahnya, Kecamatan Layak Anak, semua harus diwujudkan agar anak-anak aman untuk bermain dan beraktivitas di luar ruangan, sekolah dan terhindar dari pengaruh lingkungan negatif. “Ayo kita berikan yang terbaik untuk anak kita supaya mereka mendapat hak yang sesuai untuk mereka,” pungkasnya.

FM Hidayatullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.