Pemkab Balangan Raih Nilai B Predikat SAKIP 2018

851

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Kabupaten Balangan patut berbangga, karena melalui perjuangan yang berat akhirnya laporan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2018 yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Republik Indonesia, berhasil meraih nilai B.

Predikat SAKIP yang diterima Bupati Balangan H Ansharuddin dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafrudin tetsebut diserahkan pada acara penyerahan hasil evaluasi Akuntabilitas Pemda Wilayah II di acara penyerahan laporan hasil SAKIP pemerintah propinsi, kabupaten/kota wilayah II SAKIP Award 2018 dengan tajuk making change making history di Ball Room Hotel Golden Tulip Banjarmasin (6/2/19).

Bupati Balangan H Ansharuddin selepas menerima penghargaan dari Menteri PAN-RB Syarifuddin mengatakan, capaian nilai SAKIP Kabupaten Balangan pada 2018 ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai nilai CC.

Baca Juga :   Bupati Ansharuddin akan Merombak Komposisi Pejabat Pemkab Balangan

Predikat ini, kata Ansharuddin, hendaknya menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja seluruh OPD di lingkup Pemkab Balangan .

Diterangkan Ansharuddin, dasar hukum implementasi sakip adalah Permenpan Nomor 53 Tahun 2014 tentang petunjuk teknis perjanjian kinerja pelaporan kinerja dan tata cara reviu atas laporan kinerja instansi pemerintah di mana secara definisi operasional akuntabilitas pemerintah ini merupakan suatu wujud konkret pelaksanaan tugas pemerintahan kepada masyarakat, dan dengan menekankan pada aspek manfaat bagi masyarakat atau indikator out came.

Pada indikator kinerja utama pemerintah kabupaten, nilai yang diperoleh Kabupaten bBalangan 2016-2018 mengalami peningkatan dari CC menjadi B, karena sudah adanya penguatan SAKIP pada dokumen perencanaan, reviu oleh inspektorat, keselarasan perencanaan dengan penganggaran dan adanya inisiasi penyusunan regulasi penyusunan SAKIP serta kerjasama yang baik antar SKPD sebagai pemangku indikator kinerja utama.

Baca Juga :   2017, Ada Lima ASN Pemkab Balangan Dipecat

“Ke depan harus terus dipertahankan dengan tim work yang semakin terkoordinir dan solid seluruh jajaran pemerintahan kita,” harapnya.

Selain itu, kata Bupati, pemkab juga akan terus melakukan reformasi birokrasi dengan melakukan pembinaan dan monev secara terstruktur. “Kami sebagai pemerintah terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya, Menpan-RB Syafruddin mengatakan, mengapresiasi upaya dan perjuangan seluruh gubernur, bupati dan walikota dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja di lingkungan pemerintahannya. Pasalnya, mengubah pola pikir seluruh pegawai tidaklah mudah, mengajak untuk berubah pasti sungguh sulit.

“Sekarang bukan saatnya kita berpangku tangan dan berdiam diri dalam menghadapi perubahan, arus perubahan dalam tata kelola pemerintahan tidak bisa dibendung atau dihentikan, ia akan terus mengaliri nadi pemerintahan,” ujarnya.

Oleh karena itu, mantan wakapolri ini mengajak seluruh pimpinan pemerintah daerah serta harapan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk segera berubah dan berbenah. “Mari kuatkan sinergi dan optimisme untuk menjalankan pemerintahan yang berorientasi pada hasil, sehingga amanah rakyat melalui anggaran negara dapat dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa,” ucapnya.(adv)

Baca Juga :   Ruang Baca Khusus Anak Hadir di Perpusda Balangan

FM Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here