Ming. Nov 29th, 2020

Pemkab Balangan Segera Kucurkan Dana Hibah 2020 untuk Tempat Ibadah dan Majelis Ta’lim

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Kabupaten Balangan melalui bagian Kesejahteraan Masyarakat menganggarkan bantuan dana hibah untuk masjid, mushalla dan majelis ta’lim yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Balangan.

Dana hibah ini berasal dari anggaran APBD 2020 sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Balangan terhadap tempat ibadah tersebut.

Untuk memastikan ketepatan bantuan, Bupati Balangan H Ansharuddin pun turun ke lapangan untuk memonitoring kondisi bangunan tempat ibadah, seperti masjid mushalla dan masjelis ta’lim yang masuk dalam daftar penerima dana hibah.

Didampingi Bagian Kesra Setda Balangan, Badan Keuangan daerah dan instansi terkait, Bupati bertahap mendatangi penerima bantuan hibah di sejumlah kecamatan.

Kali pertama ini, Senin (27/7/2020) Bupati H Ansharuddin bersama tim memonitoring di Kecamatan Halong. Di sana, Bupati melihat-lihat babgunan masjid dan mushalla serta majelis ta’lim.

“Ini bagian perhatian pemerintah daerah dalam memakmurkan masjid, pengembangan pondok pesantren dan mushalla,” ungkap Ansahruddin di sela kegiatan monitoring.

Menurut Ansharuddin, tmpat ibadah pondok pesantren, masjid dan mushalla merupakan tempat pengembangan pendidikan agama. Sehingga akan meningkatkan ketakwaan dan keimanan. Jadi, sudah sewajarnya pemerintah hadir untuk memberikan bantuan untuk kenyamanan berupa fasilitas melalui dana hibah.

Sementara itu, Kabag Kesejahteraan Rakyat Pemkab Balangan Albani Abbas mengatakan, bantuan hibah ini  terkhusus diberikan untuk rehabilitasi dan penambahan sarana pendukung tempat ibadah.

“Bantuan untuk rumah ibadah khususnya masjid dan mushalla ini diberikan dalam bentuk dana hibah dengan besaran bervariasi, melihat kebutuhan dan ajuan dari pengurus masjid dan mushalla,” ucap Albani.

Bantuan hibah untuk masjid ini, tambah dia, sudah masuk dalam APBD 2020. Namun diakuinya, juga ada sedikit pengurangan karena seprti diketahui anggaran tahun 2020 banyak bergeser untuk penanganan wabah Covid-19.

Dia juga menyampaikan, bagi tempat ibadah dan majelis ta’lim yang belum terdata dan layak mendapatkan bantuan bisa mendatangi bagian kesra di Setdakab Balangan dengan membawa usulan bantuan dana hibah yang mengacu dengan aturan dan kelengkapan administrasi.

Dari Kecamatan Halong ini ada 25 tempat ibadah, majelis ta’lim dan ponpes yang menerima bantuan dana hibah dengan kisaran bantuan bervariasi.(advertorial)

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.