Pemkab Balangan Siagakan Personil Hadapi Bencana

11

KabarKalimantan, Paringin – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan menetapakan status siaga bencana di daerah setempat.

Penetapan status siaga bencana tersebut diputuskan dalam rapat koordinasi yang dipimpin langsung Bupati Balangan H Ansharuddin, Selasa (14/1/2020).

Dalam rakor yang diikuti 150 orang dari instansi terkait, Ansharuddin mengingatkan tim gabungan BPBD Balangan agar siap siaga dalam melakukan gerakan penanggulangan bencana alam baik di daerah setempat maupun di luar Balangan.

“Mengingat potensi banjir akibat hujan deras, kita harus waspada terhadap bencana tanah longsor, puting beliung, luapan air sungai yang bisa terjadi di Kabupaten Balangan,” ujar Ansharuddin.

Selain itu, bupati juga mengingatkan persiapan posko Jemaah menjelang pelaksanaan haul Guru Sekumpul, dengan penyusunan jadwal yang juga melibatkan beberapa instasi, seperti TNI/Polri.

Sementara itu, Kepala BPBD Balangan Alive tak menampik potensi bencana alam akibat curah hujan yang tinggi dan tanah longsor yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Alive membeberkan, wilayah yang rentan diterjang bencana seperti seperti banjir dan tanah longsor ialah Kecamatan Juai, Lampihong dan Halong. “Maka dari itu, perlu kesiapsiagaan dalam mengatasi masalah-masalah bencana alam yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Balangan ini,” tandas Alive.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here