Rab. Mei 27th, 2020

Pemkab Balangan Siapkan Anggaran Puluhan Miliar Hadapi Covid-19

1 min read

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Kabupaten Balangan akan menyiapkan anggaran yang tidak terbatas atau sesuai kebutuhan demi menangani penyebaran Covid-19. Bahkan, jika memang diperlukan atau ditotalkan, maka anggaran yang akan digelontorkan mencapai Rp 10 miliar lebih.

“Saya sudah panggil tim anggaran dari Badan Keuangan Daerah (BKD), kita lagi menghitung ancang-ancang berapa kebutuhan yang diperlukan dan anggaran apa saja yang digeser guna memenuhi anggaran penanganan Covid-19 ini. Jika memang diperlukan Rp 10 miliar atau lebih, maka kita siap anggarkan,” ujar Bupati Balangan H Ansharuddin, Selasa (31/3/2020).

Ansharuddin memperkirakan, anggaran yang akan dialihkan untuk penanganan Covid-19 ini ialah anggaran program yang tidak berhubungan dengan masyarkat langsung, sedangkan anggaran seperti kesehatan, pendidikan dilakukan blocking alias tidak diubah.

“Saat ini sedang kita perkirakan. Namun kita sediakan di atas kebutuhan, artinya anggaran yang disediakan kita proyeksikan di atas kebutuhan. Sehingga tidak akan mengalami kekurangan dalam upaya menangani pendemi ini. Bahkan, pemerintah pusat sendiri sudah melakukan pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19, dimana saat ini seluruh dana alokasi khusus (DAK), baik yang sedang berjalan dan akan berjalan, harus dihentikan kecuali bagi kesehatan dan pendidikan,” bebernya.

Selain itu, lanjut Ansharuddin, pihaknya juga siap melaksanaan kebijkan pemerintah pusat dan provinsi terkait penanganan dan penyebaran Covid-19. “Kami siap menjalankan kebijakan pemerintah pusat dan provinsi dalam penanganan Covid-19 ini. Tentu semua itu merupakan upaya dalam melawan bencana wabah ini,” pungkasnya.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.