Ming. Agu 9th, 2020

Pemkab Balangan Siapkan Dana Hibah Rp 27 Miliar untuk Pelaksanaan Pilkada 2020

1 min read

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Kabupaten Balangan mulai melakukan penyusunan anggaran untuk pelaksaaan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

Bupati Balangan H Ansharuddin memastikan, Pemkab Balangan  siap melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan tersebut dan sudah menyiapkan anggaran Rp 27 miliar untuk penyelenggaraannya.

“Setelah ada kepastian penyelenggaran Pilkada serentak, kita melakukan penyusunan anggara untuk pelaksanaan nanti dan sudah kita siapkan Rp 27 miliar,” kata H Ansharuddin, Rabu (17/6/2020).

Dia menjelaskan, anggaran Rp 27 miliar itu terbagi untuk  Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar 18 miliar, Rp 6,5 miliar untuk TNI dan Polri sebesar Rp 2,5 miliar.

Anggaran tersebut, tambahnya, tak termasuk biaya untuk penyediaan protokol kesehatan. Menyesuaikan situasi pandemi Covid-19 saat ini, anggaran penyediaan APD akan dimasukkan di anggaran Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

“Kisaran dana yang diperlukan untuk memenuhi protokol kesehatan akan dianggarkan TGTP Covid-19 Kabupaten Balangan. Penggunaannya akan melalui vertiviasi dan pengawasan,” jelasnya.

Terpisah, Ketua KPU Balangan Saripani mengatakan, besaran anggaran yang dihibahkan pemerintah daerah itu sesuai dengan kebutuhan untuk penyelenggaraan Pilkada Balangan 2020. “Anggaran Rp 18 miliar itu telah dicaikan Rp 4 miliar pada tahun 2019 lalu, dan pada tahun 2020 ini dicairkan kembali untuk tahap satu sebesar Rp 5 miliar. Sisanya akan dicairkan beberapa bulan sebelum pelaksanaan Pilkada nanti,” ujarnya.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.