Sel. Jan 26th, 2021

Pemkab Batola Peringati Hari Ibu dengan Sederhana Namun Sarat Makna

3 min read

KabarKalimantan, Marabahan – Sebagai wanita, harus berjiwa optimis memiliki kemampuan untuk berkiprah di semua sektor kehidupan. Mengingat wanita juga memiliki hak dan kesempatan yang sama dengan kaum pria.

Demikian intisari yang disampaikan Bupati Hj Noormiliyani AS saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Ibu ke-92 Tahun 2020 di Aula Mufakat Kantor Bupati Barito Kuala (Batola), Selasa (22/12/2020).

Banyak wejangan dan motivasi yang disampaikan Bupati sekaligus Ketua DPRD perempuan pertama di Kalsel itu kepada para kaum ibu mengikuti Peringatan Hari Ibu ke-92 di Batola ini.

Ia menyatakan, seorang ibu merupakan sosok yang sangat mulia karena di rahim seorang ibu manusia terlahir. Bahkan Nabi Muhammad SAW sendiri dalam suatu hadist berkali-kali menyatakan untuk menghormati seorang ibu.

Sebagai perempuan, sebut Noormiliyani, tak cukup hanya cantik atau pintar berdandan namun juga harus pintar, cerdas, terampil, dan kreatif. Agar bisa berkiprah di kancah apa saja, baik dunia usaha bahkan dunia politik dan pemimpin pemerintahan sekali pun. Kendati harus tetap memperhatikan kodratnya selaku seorang ibu dan isteri dari suami.

“Saya sendiri walau seorang bupati jika di rumah tetap memperhatikan segala kebutuhan suami dan anak, kendati harus pontang panting dan berburu dengan kesibukan,” ucapnya.

Di hadapan para ibu-ibu, Noormiliyani banyak menceritakan pengalamannya baik ketika menjadi isteri pejabat maupun pada saat menjadi Ketua DPRD Provinsi Kalsel bahkan bupati seperti sekarang. Harapannya, agar para ibu-ibu bisa termotivasi untuk mengambil contoh atas perjuangan yang tidak mudah selaku perempuan.

Isteri mantan Bupati Batola dua periode H Hasanuddin Murad itu mengakui, awal mula menjabat sebagai bupati cukup berat dan memerlukan waktu 2 tahun beradaptasi. Namun karena dilewati dengan penuh ketekunan sehingga seiring perjalanan bisa dilalui secara perlahan.

Sementara itu, Ketua TP-PKK yang juga Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Batola, Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor menyatakan, selaku kaum ibu patut bersyukur dari waktu ke waktu peranan dan partisipasi perempuan mulai mendapat tempat dan mampu mensejajarkan diri besama kaum pria.

Khususnya, lanjutnya, dalam konteks keikutsertaaan dalam mendorong tercapainya percepatan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan dan pembinaan para ibu-ibu di dalam lingkungan keluarganya.

Peringatan Hari Ibu ke-92 di Batola yang sekaligus Peringatan HUT ke-21 DWP ini dirangkai sejumlah penyerahan di antaranya penyerahan secara simbolis paket sembako kepada lansia sebanyak 150 paket, penyerahan secara simbolis paket keterampilan kepada anak terlanjur nikah di bawah umur dengan total 110 paket dari DPPPA Kalsel, penyerahan tropi penghargaan peningkatan kualitas keluarga tahun 2020 dari Provinsi Kalsel kategori madya, penyerahan santunan pendidikan kepada puteri almarhum mantan pengurus PKK Batola.

Di kesempatan peringatan Hari Ibu ini juga berisi penyerahan buket kepada Bupati Hj Noormiliyani AS dan Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor dari para Ketua TP-PKK Kecamatan.
Ketua Panitia Pelaksana Hj Harliani menyatakan, sebelum puncak pelaksanaan Peringatan Hari Ibu dan HUT DWP di Batola ini juga dirangkai berbagai kegiatan di antaranya melaksanakan ziaarah ke Taman Makam Pahlawan.

Selain itu, lanjut wanita yang menjabat Kepala DPPKBP3A Batola ini, PKK dan DWP melaksanakan pemberian bantuan sembako ke panti asuhan, pemberian bingkisan kepada peserta didik SLB, melakukan anjangsana ke pengurus PKK dan DWP yang pernah aktif menjabat sekretaris di PKK dan DWP, serta lainnya.

Reporter: Mahmud Shalihin
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.