Sel. Jul 14th, 2020

Pemkab Batola Terapkan Transaksi Nontunai dan Pelaporan Elektronik Penggunaan APBD 2020

2 min read

KabarKalimantan, Marabahan – Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS membuka sosialisasi Peraturan Bupati Batola Nomor 65 Tahun 2019 di Aula Mufakat, Marabahan, Senin (13/1/2019).

Peraturan Bupati Batola Nomor 65 Tahun 2019 tersebut berisikan pedoman pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Berlangsungnya sosialisasi ini menjadi forum untuk saling mengingatkan dan menginformasikan peraturan tata kelola keuangan daerah.

Pelaksanaan pengelolaan dan penggunaan anggaran yang tertib administrasi, transparan dan akuntabel menjadi bentuk perwujudan visi ke-4 yaitu memantapkan tata kelola pemerintahan yang terbuka dan melayani.

Bupati telah menerbitkan Peraturan Bupati Barito Kuala Nomor 65 Tahun 2019 untuk menertibkan penggunaan anggaran tahun 2020. Anggaran tahun 2020 sendiri telah ditetapkan

melalui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2019. Dimana Perda tersebut menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah pusat yang menerapkan transaksi nontunai terhadap belanja daerah serta pelaporan realisasi/serapan berbasis elektronik (anggaran).

“Penggunaan anggaran berbasis elektronik ini sesuai dengan tuntutan Kementrian Keuangan, dimana setiap rupiah yang dibelanjakan dari dana APBD wajib dipertanggungjawabkan,” terang Hj Noormiliyani.

Bupati juga berharap para pengguna anggaran, pejabat penatausaha keuangan SKPD, pejabat pelaksana teknis kegiatan dan bendahara, lebih mengerti dan memahami akan tugas dan kewenangan masing-masing dalam pelaksanaan kegiatan dan pengelolaan anggaran.

“Pimpinan SKPD diharapkan melakukan evaluasi minimal tiga bulan sekali pada pelaksanaan dan pertanggungjawaban keuangan bendahara,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, evaluasi yang dilakukan oleh pimpinan SKPD yang dibantu PPK-SKPD diharapkan dapat menjadi sebuah langkah prefentif terhadap permasalahan yang mungkin akan terjadi.

Noormiliyani menegaskan betapa pentingnya untuk mengikuti dan memanfaatkan kegiatan ini. Sehingga diharapkan seluruh pengguna anggaran mempunyai persepsi yang sama dalam penatausahaan dan pertanggungjawaban atas pengeluaran anggaran.

Reporter: Mahmud Shalihin

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.