Pemkab Kotabaru Evaluasi Pelaksanaan SPBE

713

KabarKalimantan, Kotabaru – Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elekronik (SPBE) di Kotabaru perlu dilakukan evaluasi. Baik melalui evaluasi internal (evaluasi mandiri) maupun evaluasi eksternal sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elekronik.

“Evaluasi Mandiri Sistem Pemerintahan Berbasis Elekronik ini dilaksanakan oleh instansi pusat dan pemerintah daerah pada tahun 2017 lalu,” ujar Staf Ahli Bupati Kotabaru Bidang Pemerintahan H Akhmad Riva’i belum lama tadi.

Ia menjelaskan, SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE. Dalam hal ini semua pemangku kepentingan yang memanfaatkan layanan SPBE antara lain pemerintah, masyarakat, dan pelaku usaha.

Lantas, bagaimana penerapan pelaksanaan SPBE di Kabupaten Kotabaru? Apakah sudah terpenuhi baik dari domain, aspek dan indikator penilaian, serta berjalan sesuai ketentuan peraturan perundangan-undangan.

“Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauhmana kemajuan pelaksanaan SPBE di tingkat Pemerintah Kabupaten Kotabaru mengingat pelaksanaan SPBE ditujukan untuk mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujar Rivai.

Lebih lanjut dikatakanya, penilaian pada pelaksanaan SPBE dilakukan melalui struktur penilaian yang terdiri dari tiga domain, tujuh aspek dan 35 indikator. Adapun ketiga domain tersebut terdiri dari kebijakan internal SPBE, tata kelola SPBE, dan layanan SPBE.

Sedangkan ketujuh aspek mencakup kebijakan internal, tata kelola SPBE, kebijakan internal layanan SPBE, kelembagaan, strategi dan perencanaan, teknologi informasi dan komunikasi, layanan administrasi pemerintahan berbasis elekronik dan layanan publik berbasis elektronik.

Ardiansyah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here