Kam. Apr 9th, 2020

Pemkab Kotabaru Tetapkan Status Tanggap Darurat Covid-19

2 min read

KabarKalimantan, Kotabaru – Pemerintah Kabupaten Kotabaru menetapkan status tanggap darurat pencegahan virus corona.

Penetapan tersebut berdasarkan hasil rapat Pemerintah Kabupaten Kotabaru yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru H Said Akhmad bersama Forkopimda, sejumlah SKPD di Operoom Setda Kotabaru, Senin 23 Maret 2020.

Keputusan tanggap darurat itu juga berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Kotabaru yang menyatakan ada sebanyak 54 warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP)

“Kita sangat bersyukur, sampai saat ini belum ada warga Kotabaru yang terindikasi virus corona. Pemantauan yang kami lakukan dengan cara mengoptimalkan 28 Puskesmas yang memberikan laporan setiap 6 jam sekali,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Hj Ernawati.

Sementara itu, dengan adanya penetapan status tanggap darurat untuk Kabupaten Kotabaru, Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad mengimbau kepada seluruh kepala dinas maupun elemen yang hadir dalam rapat agar mengikuti aturan yang telah dikeluarkan pemerintah pusat, yang di antaranya meliburkan sekolah, menutup tempat wisata, tempat hiburan serta menghindari kegiatan kumpul-kumpul bersama orang banyak.

“Sekolah kami liburkan sejak hari ini sampai 6 April 2020,” ungkapnya.

Jika melanggar apa yang sudah ditetapkan dalam rapat, lanjutnya, seperti mengumpulkan orang banyak, maka pihak Polres Kotabaru, Kodim 1004, Lanal Kotabaru dan Satuan Polisi Pamong Praja Daerah Kotabaru akan melakukan tindakan pembubaran.

“Ini kami lakukan dalam rangka pencegahan wabah virus corona di wilayah Kabupaten Kotabaru, dan menjalankan keputusan dari Pemerintah pusat dan gubernur, dan bupati,” tegasnya.

Selain itu, Said Akhmad juga memerintahkan kepada seluruh kepala dinas, camat, kepala desa untuk membuat dan memasang spanduk-spanduk yang berisi imbauan pencegahan virus corona.

“Saya harap Diskominfo juga melakukan siaran melalui radio media sosial untuk melakukan imbauan cara pencegahan penyebaran virus corona inj kepada seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Reporter: Ardiansyah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.