Pemkab Tanbu akan Buat Perbup Bangunan Sarang Burung Walet untuk Tertibkan Pengelola

KabarKalimantan, Batulicin – Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu berinisiatif membuat Peraturan Bupati (Perbup) menyikapi menjamurnya bangunan usaha sarang burung walet di Bumi Bersujud.

Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Eka Saprudin mengatakan, pihaknya sudah mengajukan Perbup tentang aturan bangunan sarang burung walet itu ke bagian hukum pemerintahd aerah setempat.

Dalam isi Perbup tersebut berbunyi, tidak memperbolehkan bangunan model ruko, dan untuk bangunan juga harus berjarak radius 500 meter dari pemukiman warga.

Sementara untuk sarang burung walet yang terlanjur berdiri di daerah pemukiman, akan diberikan waktu 15-20 tahun untuk pembongkaran.

“Jika aturan itu dilanggar, maka tim penegakan Perbup akan memberikan sanksi pembongkaran bangunan tersebut,” ujar Eka Saprudin, Selasa (27/8/2019).

Berdasarkan catatan DPMPTSP, lanjut mantan Kadishub Tanah Bumbu ini, ada sekitar 956 bangunan sarang burung walet di 10 kecamatan wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Pembuatan Perbup tesebut lantaran tak ada satu pun pemilik usaha sarang burung walet yang mengantongi izin usaha dari instansi terkait, sehingga pemerintah daerah tak mendapat pendapatan dari sektor tersebut.

“Mudah-mudahan, pengelola bangunan sarang walet bisa terdata dan tertata sehingga sangat berdampak terhadap lingkungan,” katanya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here