Jum. Feb 28th, 2020

Pemkab Tanbu akan Mempertahankan WTP melalui Pengelolaan Keuangan yang Baik

2 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Pengelolaan keuangan yang baik sangat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kalsel Tornanda Syaifullah dalam acara ntry meeting di Ruang Bersujud I, Kantor Bupati Tanah Bumbu, Senin (3/2/2020).

Tornanda mengungkapkan, selain faktor indikator keberhasilan sebuah daerah dalam mengelola keuangannya hingga memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK, juga dapat dilihat dari meningkatnya kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat, serta meningkatnya kualitas pelayanan di bidang kesehatan dan pendidikan.

“Komitmen bersama harus dikedepankan oleh seluruh jajaran pemerintah daerah secara kolektif dan berupaya untuk menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar, khusus aspek tata kelola keuangan,” ungkapnya.

Kegiatan entry meeting ini diproyeksikan sebagai pertemuan untuk menandai dimulainya laporan pemeriksaan keuangan pada satu daerah, agar seluruh SKPD mulai menyiapkan diri untuk menyajikan data dan informasi yang akan diminta pihak BPK.

Tornanda juga sangat mengapresiasi terhadap prestasi yang sudah diraih Kabupaten Tanah Bumbu karena sudah mendapatkan Opini WTP yang keenam kalinyanya dari BPK.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tanbu H Rooswandi Salem menegaskan, perlunya menjaga komitmen di jajaran SKPD agar peningkatan kualitas pengelolaan tata kelola keuangan daerah yang sudah dicapai tidak mengalami penurunan.

“Opini WTP yang sudah diraih enam tahun berturut-turut hendaknya dijadikan sebagai semangat dalam menjaga komitmen bersama, serta dapat mewujudkan peningkatan kualitas kinerja seluruh SKPD agar kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,” jelasnya.

Terkait kegiatan entry meeting dan berlanjut dengan pemeriksaan interim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkab Tanbu TA 2019, Rooswandi berharap, sebuah proses pembelajaran berkelanjutan yang diberikan para auditor BPK dapat dijadikan performa pengelolaan keuangan daerah Tanbu dari tahun ke tahun agar semakin meningkat,” bebernya.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.