Pemkab Tanbu Harapkan Usulan Pemekaran Dua Kecamatan Disetujui Kemendagri

249

KabarKalimantan, Batulicin – Pada 2019 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu mengusulkan pemekaran dua wilayah yang ada di Kecamatan Kusan Hulu dan Kusan Hilir untuk dijadikan kecamatan.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu Kadri Mandar berpendapat, dua kecamatan itu sangat layak untuk dimekarkan, mengingat jumlah penduduknya cukup padat, dan juga sudah memenuhi persyaratan undang-undang.

“Kecamatan Kusan Hilir dimekarkan menjadi Kecamatan Kusan Tengah, sedangkan Kecamatan Kusan Hulu menjadi Kecamatan Teluk Kepayang,” ujar Kadri, Rabu (30/10/2019).

Ia membeberkan, rencana pemekaran dua kecamatan tersebut sebelumnya sudah pernah diusulkan pada 2018 lalu, namun urung terealisasi lantaran terhalang terbitnya  peraturan baru tentang kecamatan di tahun itu, yang isinya pelarangan pemekaran wilayah,” jelasnya.

Upaya pemekaran wilayah itu pun kembali diusulkan di tahun ini. Bahkan, pekan ini pihak Tata Pemerintahan Kabupaten Tanbu akan mengantar berkas dan perlengkapan persyaratan ke Bagian Biro Pemerintah Provinsi Kalsel. “Rencananya, usulan ini secepatnya akan dikirimkan ke Kemendagri untuk pelaksanaan pemapaparan oleh pemerintah daerah,” tandasnya.

Bukan tanpa alasan, tambah Kadri, usulun pemekaran kecamatan ini bertujuan untuk mempermudah pelayanan administrasi masyarakat Tanah Bumbu. Sebab, selama ini, masyarakat di wilayah itu harus menempuh jarak 50 Km dan berjam-jam untuk mendatangi kantor kecamatan.

“Mudah-mudahan tahun depan pemekaran kecamatan ini sudah disetujui dan direalisasikan oleh pemerintah pusat,” harapnya.

Kadri pun optimis usulan itu bakal disetujui Kemendagri. Pasalnya, mengacu pada peraturan pemerintah saat ini,  syarat setiap pemekaran kecamatan jumlah penduduknya harus mencukupi 21.000 jiwa dan tiap desa jumlah penduduknya harus mencapai 2.000 jiwa.

“Kini jumlah penduduk yang ada di Kecamatan Kusan Hilir tidak kurang dari 70.000 jiwa yang tersebar di 35 desa, sedangkan jumlah penduduk  di wilayah Kecamatan Kusan Hulu mencapai  42.000 jiwa dari 21 desa,” ujarnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here