Pemkab Tanbu Siapkan Rp 20,1 Miliar untuk Bangun Tiga Puskesmas

2016

KabarKalimantan, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Kesehatan setempat telah menyiapkan anggaran sebesar RP 21,1 miliar untuk pembangunan tiga unit puskesmas di Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Kuranji, dan Kecamatan Mantewe.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu H M Damrah mengatakan, proyek pembangunan tiga unit puskesmas itu  menggunakan dana APBD 2019, yang dikerjakan oleh pihak kontraktor dengan sistem multiyears.

Untuk setiap unit proyek pembangunan puskesmas itu, lanjutnya, nilainya sangat bervariatif. Pasalnya, luas ukuran pembangunannya berbeda-beda.

“Untuk Puskesmas Kecamatan Simpang Empat dianggarkan sebesar Rp 7,4 miliar, Puskesmas Mantewe Rp 10,6 miliar, dan untuk puskesmas Giri Mulya Kuranji sebesar Rp 2,1 miliar,” kata Damrah.

Ia mengungkapkan, dibangunnya puskesmas tambahan merupakan bagian dari kewajiban pemerintah daerah dalam upaya memaksimalkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. “Dari 14 unit puskesmas yang dimiliki Kabupaten Tanah Bumbu, hanya 6 unit yang merupakan puskesmas rawat inap,” lanjutnya.

Baca Juga :   Jalan Desa di Tanah Bumbu Rusak Parah Akibat Truk BBM

Pada 2019 ini, pemerintah pusat telah mengucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 2,2 miliar untuk Kabupaten Tanah Bumbu. Dana tersebut digunakan untuk peningkatan pembangunan penambahan ruangan baru dan renovasi puskesmas yang ada di Teluk Kepayang, Kecamatan Kusan Hulu.

“Insya Allah, tahun depan kami akan membangun lagi puskesmas tambahan yang dilengkapi juga dengan ruang rawat inap, di daerah Kecamatan Mantewe,” ujarnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here