Pemkot Banjarmasin Diminta Terapkan Perda Terkait Sampah

1317

KabarKalimantan, Banjarmasin – Persoalan sampah masih menjadi momok yang belum terselesaikan. DPRD Banjarmasin pun meminta pemerintah kota menjalankan peraturan daerah (Perda) tekait sampah di kota ini.

Aparatur pemerintah harusnya menjadi tauladan dalam setiap pelaksanaan kebijakan pemerintah. Namun sepertinya itu tidak berlaku bagi oknum yang diduga Aparatur Sipil Negara (ASN). Dan sempat terciduk kamera membuang sampah di luar jam yang ditentukan.

Dalam foto tersebut terlihat perempuan memakai pakaian dinas sedang membuang sampah di tempat pembuangan sampah Jalan Veteran samping jembatan Jalan Pramuka, Senin (4/3/2019) pagi sekitar pukul 07.30 Wita.

Padahal, sesuai Perda Nomor 21 tahun 2011 tentang Pengelolaan Persampahan, Kebersihan dan Pertamanan, jam membuang sampah ditentukan dari pukul 20.00 – 06.00 WITA.

Menanggapi itu, Ketua Komisi I DPRD Banjarmasin M Yamin menyayangkan, oknum diduga ASN yang tertangkap basah membuang sampah di luar durasi yang dibolehkan tersebut, seharusnya dalam pelaksanaan produk pemerintah seorang ASN menjadi contoh bagi masyarakat.

Baca Juga :   2019, Pemkot Terapkan Larangan Penggunaan Kantong Plastik di Dua Pasar Tradisional

Jadi,  jika sudah ada bukti foto, ujar Yamin, pemerintah harus bersikap dan memanggil okmum yang diduga PNS tersebut. Setelah dipanggil, yang bersangkutan diberikan sanksi membayar denda atau sanksi lain yang ditentukan sesuai aturan tersebut.

“PNS harusnya menjadi tauladan bagi masyarakat,” ujarnya di DPRD Banjarmasin, Senin (4/3).

Sesuai atuaran, bagi yang melanggar kententuan membuang sampah di luar jam yabg ditentukan, diancam sanksi kurungan paling lama tiga bulan atau denda sebanyak-banyaknya sebesar Rp5 juta.

Politikus Partai Gerindra ini mengimbau kepada dinas terkait, dalam hal ini Dinas Kebersihan harus lebih mensosialisasikan aturan persampahan, kemudian meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum.

Lebih lanjut disarankan, penerapan sanksi Perda terkait sampah ini, harus diikuti dengan ketersediaan tempat pembuangan sampah sementara (TPS) yang memadai.

“Seharusnya sampah ini terangkut sebelum siang. Dan ada kesadaran dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan sadar membuang sampah malam hari bukannya saat siang,” katanya.

Baca Juga :   Foto Pembuatan Jamang Makam Sultan Suriansyah jadi Jawara Lomba Foto Press Room Pemkot Banjarmasin

Lebih dari itu, untuk menumbuhkan kesadaran dan efek jera bagi masyarakat yang melanggar Perda Persampahan, Satpol PP Banjarmasin diharapkan tidak memberikan toleransi bagi yang melanggar.

“Dengan begitu saat pagi Banjarmasin sudah bersih dari sampah dan udara segar,” harapnya.

Smara Aqdimul azmi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here