Ming. Jan 17th, 2021

Pemkot Banjarmasin Kewalahan Bangun RS Sultan Suriansyah

2 min read

BANJARMASIN, KK – Pembangunan RS Sultan Suriansyah di Jalan RK Ilir Kota Banjarmasin cukup membuat Pemkot Banjarmasin kewalahan. Pembangunan rumah sakit ini ternyata menyedot anggaran yang cukup besar dari APBD Banjarmasin.

Tahun ini saja, Pemkot Banjarmasin melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota selaku pelaksana harus menyiapkan anggaran Rp38 miliar, dari pagu Rp180 miliar untuk pembangunan secara keseluruhan.

Artinya, Rp140 miliar lebih lagi anggaran yang harus disediakan Pemkot Banjarmasin dalam dua tahun ke depan, untuk melanjutkan pembangunan yang menggunakan sistem multiyears itu.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Banjarmasin Hamli Kursani, saat dimintai keterangan mengenai hal ini menjelaskan, pemkot saat ini sedang mencari cara lain agar pembangunan RS Sultan Suriansyah yang dimulai 2015 lalu itu tetap berjalan dan tidak terlalu menjadi beban Pemkot Banjarmasin. “Ini angka yang cukup besar, jika direalisasikan mungkin akan menggeser pos anggaran yang lain,” ucapnya kepada Kabar Kalimantan, Rabu (22/2/2017).

Saat ini mereka sedang merencanakan mencari pola pendanaan dari luar baik dengan pemerintah provinsi, pusat, maupun swasta, untuk mengatasi permasalahan itu. “Kita masih mengupayakan dengan dana APBD atau APBN, tapi jika tidak bisa juga, kita akan lakukan KPBU,” urai dia.

Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dianggapnya salah satu cara mendorong pembangunan, baik dari aspek kesejahteraan masyarakat, maupun perekonomian dengan menggandeng badan usaha untuk berinvestasi dalam pembangunan.

Itu sesuai dengan Peraturan Presiden RI Nomor 38/2015 tentang Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan Infrastruktur.

Saat ditanya, apakah itu tidak akan berpengaruh dengan biaya pelayanan RS itu yang nantinya akan dikenakan ke masyarakat jika KPBU dilakukan, Hamli menjawab, tentunya akan berpengaruh. Tetapi pemkot juga sedang memikirkan cara untuk menghindari hal itu. bur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.