Pemkot Diminta Segera Sampaikan KUA/PPAS APBD 2020

1172

KabarKalimantan, Banjarmasin – Wakil rakyat di DPRD Banjarmasin menginginkan Pemerintah Kota (Pemkot) setempat untuk segera menyampaikan dan membahas kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun 2020.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin, Matnor Ali kepada wartawan di gedung dewan, Senin (1/7).

Menurut Matnor Ali, KUA-PPAS ini memang harus segera dilakukan pembahasan, mengingat waktu pembahasannya sudah cukup mendesak. Apalagi sudah memasuki pertengahan tahun 2019.

“Waktu kunjungan kerja ke DPRD Samarinda, di sana mereka telah melakukan pembahasan KUA-PPAS. Bahkan,  sudah membahas Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD (KUPA) dan  PPAS Perubahan APBD tahun 2019,” kata Matnor Ali.

Penyampaian KUA/PPAS sangat penting, karena menurut dia, ini merupakan salah satu tahapan sebelum dibahasnya Rancangan Anggararan Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2020.

Dengan adanya mekanisme ini pula, lanjutnya, maka KUA dan PPAS yang telah disepakati bersama  akan menjadi dasar bagi pemerintah daerah untuk menyusun, menyampaikan dan membahas Rancangan Peraturan Daerah tentang RAPBD antara Pemkot dengan DPRD sampai ditetapkan menjadi APBD yang nantinya dituangkan dalam Perda.

Baca Juga :   Banjarmasin Keberatan Biaya Retribusi Sampah ke TPA Regional

“Sesuai amanah Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemeritah Daerah, terkait pembahasan RAPBD antara kepada daerah dengan DPRD  wajib berpedoman pada RKPD, KUA dan PPAS,” terangnya

Politikus Partai Golkar ini menambahkan,   penyampaian KUA-PPAS hingga RAPBD sesuai aturan itu wajib dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan, sehinga   RAPBD  tahun berikutnya  paling lambat sudah dapat disahkan sebelum berakhirnya  tahun anggaran.

“Sebaliknya, jika terlambat, maka terancam dikenai sanksi adminstratif. Semoga ini cepat dibahas,” harapnya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here