Pemprov Kalsel Catat Rekor Muri Lagi

895

KabarKalimantan, Marabahan – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mencatatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) baru, dengan kategori, Menanam Padi Pelajar Terbanyak se-Indonesia.

Manager Muri Triyono mengatakan, penghargaan dengan kategori superlatif atau jumlah terbanyak yang diberikan tersebut, karena mampu mengajak 5.000 pelajar ikut berpartisipasi turun bersama ke sawah menanam padi.

“Belum pernah ada kategori ini, makanya Kalsel tercatat membikin rekor baru, dan Ini torehan sejarah luar biasa dari Kalsel,” kata Triyono usai menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di kawasan lahan HPS, Desa Jejangkit, Barito Kuala, Sabtu (22/9/2018).

Selain itu, Triyono juga menambahkan, penghargaan yang diberikan tersebut hanya kepada lembaga atau pihak yang benar-benar menoreh prestasi sejarah. “Dalam catatan MURI, penghargaan untuk Pemprov Kalsel ini masuk pada daftar penghargaan ke 8.689 sejak MURI berdiri,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kalsel, Muhammad Yusuf mengatakan, selain pencatatan rekor baru MURI, kegiatan ini bertujuan agar para pelajar ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program HPS yang dilaksanakan pada 18- 21 Oktober mendatang.

Baca Juga :   5.000 Pelajar SMA Sederajat Ikut Menanam Padi di Lahan HPS

“Ini bentuk aprerisiasi dunia pendidikan pada program HPS. Maka kami melibatkan para siswa di sini,” harapnya.

Adapun rincian pelajar yang ikut terlibat, Yusuf memaparkan, berasal dari 72 sekolah yang terdiri dari,  Kota Banjarmasin untuk SMA ada 29 sekolah dengan 1.400 siswa, SMK ada 22 sekolah dengan 1.000 siswa dan  Kabupaten Batola, SMA ada 15 sekolah dengan 1.600 siswa, SMK 3 sekolah dengan 500 siswa, sedangkan Kabupaten Banjar ada 2 SMK dengan 400 siswa dan Kota Banjarbaru 1 SMK dengan 100 siswa.

Selain itu, para pelajar dari tiap sekolah dalam bertanam di Lahan HPS didampingi oleh 5 guru. “Ini sekaligus memberi pelajaran bagi siswa bagaimana cara menanam padi dengan teknik system of rice intensification(SRI) dengan benar,” ucapnya.

Sementara itu, usai menerima rekor Muri, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin ini mengaku, dirinya tidak tahu kalau akan ada pencatatan dari Muri.

Baca Juga :   BI Kalsel Berikan Alsintan untuk Petani Jejangkit

“Untuk rekor Muri, sebelumnya tidak tahu ada kehadiran Muri. Tapi, Alhamdulillah, ini adalah merupakan penghargaan bagi kerja keras anak-anak SMA dan SMK yang mau bertanam di sawah ini,” pungkas Paman Birin saat ditemui duduk bersama para pelajar.

Syahri Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here