Ming. Agu 9th, 2020

Pemprov Kalsel Siapkan Dua Gedung Karantina Khusus

2 min read

KabarKalimantan, Banjarbaru – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah menyiapkan dua gedung karantina khusus bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 di Banua.

Wakil Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah melakukan program pengetatan terkait penanganan pasien terkonfirmasi positif yang dikarantina khusus dengan tidak ada lagi boleh karantina khusus dilakukan di kabupaten dan kota terhadap pasien terkonfirmasi positif.

“Hal ini dilakukan untuk menjamin bahwa penyebaran itu terhenti. Jadi pasien konfirmasi positif dikarantina khusus di tempat yang telah disiapkan Pemprov Kalsel,” kata Hanif saat jumpa pers di Gedung Idham Chalid, Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Selasa (12/5/2020).

Ia mengatakan, dua gedung karantina khusus yang disiapkan Pemprov Kalsel tersebut yakni di Gedung Ambulung dan Gedung Bapelkes.

Baca Juga :   Rakornas Komisi Informasi Dorong Keterbukaan Informasi

“Untuk di Ambulung ada 80 kamar dengan 160 tampat tidur, dan di Bapelkes ada 93 kamar dengan 186 tempat tidur. Ini semua untuk menangani pasien terkonfirmasi positif yang dikarantina khusus di kabupaten dan kota,” ucap Hanif.

Pria yang juga menjabat sebagai Plt Kepala BPBD Kalsel ini mengingatkan, agar pemerintah kabupaten kota dapat segera mengirim pasien terkonfirmasi positif ke pemerintah provinsi untuk ditangani secara intensif di gedung karantina khusus tersebut.

“Bagi warga yang keluarganya melakukan karantina khusus,Pemprov juga akan memberikan santunan untuk biaya penghidupan selama pasien terkonfirmasi menjalani karantina khusus,” katanya.

Ia menegaskan, semua langkah itu dilakukan demi tidak semakin meluasnya penyebaran virus corona di lingkungan sekitarnya serta menjaga standarisasi penanganan terhadap pasien.

“Mudah-mudahan dengan dilakukannya karantina khusus di gedung yang disiapkan pemerintah provinsi ini dapat mencegah penularan Covid-19 serta meningkatkan jumlah angka kesembuhan,” ucap Hanif.

Baca Juga :   Paisen Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kalsel Bertambah 5 Orang, 2 PDP Meninggal Dunia

Selain itu, Pemprov Kalsel juga telah menyiapkan tim karantina yang akan melakukan jemput bola terhadap pasien terkonfirmasi positif untuk dilakukan karantina khusus di Provinsi Kalsel, serta meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk menyiapkan karantina khususnya bagi ODP dan OTG.

“Dengan demikian, program karantina masif bisa kita jalankan. Diharapkan di tengah kurang disiplinnya masyarakat kita dapat lakukan karantina dengan ketat,’’ pungkas Hanif.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.