Pemuda Balangan Diminta Berprestasi dan Punya Kreativitas

464
Ketua KNPI Balangan, Nurdian Wahyudi di sela Aruh Pemuda Sanggam, Minggu (29/10/2017). Redkal.com/ Hidayatullah

KabarKalimantan, Paringin – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Balangan menggelar Aruh Pemuda Sanggam (APS) yang menyuguhkan hasil kreatifitas remaja Bumi Sanggam—julukan Kabupaten Balangan.

Ketua DPD KNPI Balangan, Nurdian Wahyudi, menyampaikan Aruh Pemuda Sanggam sebagai wahana bagi komunitas mengekspresikan eksistensi keberadaan mereka. KNPI mencatat sedikitnya ada 30 stan pameran komunitas di APS yang dibuka pada Sabtu-Minggu (28-29/10/2017).

“Kita ingin keberadaan komunitas atau pemuda secara umum bisa terus maju dan menghasilkan kreativitas baru yang berguna bagi lingkungannya,” kata Nurdian, Minggu (29/10/2017).

Di sela APS, pihaknya juga mengelar KNPI award dengan pemberian penghargaan kepada warga Balangan yang dianggap telah berprestasi atau mengharumkan nama Balangan di luar Balangan lewat prestasi yang diukir.

Nurdian akan menjadikan KNPI Award sebagai ajang tahunan guna memotivasi warga Balangan terus berkarya dan berprestasi bagi Bumi Sanggam. Sebab, Nurdian ingin Balangan maju dalam segala bidang.

Baca Juga :   KNPI Balangan Gelar Tour Wawasan Kebangsaan

“KNPI Balangan terus mendorong ini bisa terwujud. Khusus Aruh Pemuda Sanggam, kita berharap lewat kegiatan ini keberadaan komunitas atau pemuda secara umum bisa terus maju dan menghasilkan kreatifitas baru yang berguna bagi lingkungannya,” Nurdian melanjutkan.

Bupati Balangan, H Ansharuddin, turut menghadiri APS yang dirangkai memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89. Selain Ansharuddin, perwakilan PT Adaro Indonesia, pejabat Pemkab Balangan, dan pengurus KNPI Balangan, lengkap hadir di lokasi acara.

Ansharuddin mengapresiasi kegiatan Aruh Pemuda Sanggam. Ia berharap, kegiatan positif seperti ini bisa terus digelar agar daya kreativitas pemuda Balangan terpacu mengasilkan sesuatu yang luar biasa.

“Kita pemerintah daerah akan terus mendukung dan mendorong kegiatan positif seperti ini. Ini luar biasa, harus dilanjukan kalau bisa ini dijadikan agenda rutin dan menjadi daya tarik orang datang ke Balangan sebagai wisata baru di Bumi Sanggam,” kata Ansharuddin.

Baca Juga :   KNPI Balangan Gelar Tour Wawasan Kebangsaan

Adapun Ketua pelaksana Aruh Pemuda Sanggam, Sugianoor, menyampaikan APS mengangkat tema “Kreativitas Untuk Persatuan” dengan acara pemeran komunitas disertai berbagai kegiatan lomba dan hiburan seni budaya. Adapun APS mengambil tempat di Taman Sanggam Paringin.

“Kegiatan ini kita gelar selama dua hari, yang melibatkan 30 peserta atau stan yang 20 lebih di antaranya merupakan komunitas yang ada di Balangan, mulai dari komunitas pecinta bola, motor hingga pegiat lingkungan,’’ kata Sugi kepada KabarKalimantan, Minggu (29/10/2017).

Sugianoor merinci kegiatan yang tampil seperti kesenian daerah, jalan sehat berhadiah, senam pagi sehat, fashionshow, lomba-lomba, donor darah, cek kesehatan gratis, ambin baca, foto selfiecontest berhadiah, seminar sehari menginspirasi, hiburan musik, dan lain-lain.‬

F. M HIDAYATULLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here