Sab. Nov 28th, 2020

Pencairan Dana JPS Tahap 3 Masih Diproses

2 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Pencairan dana Jaring Pengaman Sosial (JPS) tahap ke-3 masih berproses. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu sudah membuat nota dinas untuk pencairan dana tersebut.

Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu Basuni mengatakan, untuk dana JPS tahap 3 itu untuk setiap bulannya sebesar Rp 300 ribu per KPM.

“Dana JPS yang akan disalurkan melalui Kantor Pos itu untuk tiga bulan sejak Oktober-Desember dengan total sebesar Rp 900 ribu per KPM,” terangnya, Jumat (20/11/2020).

Ia menjelaskan, saat ini proses pencairan dana JPS tahap 3 itu sudah sampai tahapan nota dinas yang  sudah didisposisi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda, dan Plh Sekda. Namun belum didisposisi Bupati Tanbu yang saat ini sedang berada di luar daerah.

“Kalau pun Bupati sudah mendisposisi nota dinas pencairan JPS tersebut, tidak mesti langsung cair. Karena ada tahapan lagi yang harus dilakukan,” terangnya.

Sebelumnya, ujar Basuni, untuk melakukan pencairan dana JPS tahap ke-3 ini, pihaknya harus menunggu berkas SPJ dari kecamatan untuk data penerima JPS tahap 2.

Sementara data SPJ tahap 2 ada keterlambatan setor berkas dari pihak Kecamatan. Sehingga proses verifikasi penerima tahap 3 juga terlambat.

“Verifikasi berkas SPJ penerima JPS tahap 2 penting dilakukan, karena bisa saja pada penyaluran tahap 2 ada warga yang mengembalikan dana tersebut karena sudah mampu. Jadi pada JPS tahap 3 nama penerima tersebut tidak dimasukan lagi ke daftar penerima JPS berikutnya,” ujarnya.

Untuk diketahui, program bantuan dana JPS ini merupakan salah satu kebijakan Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam rangka membantu dan meringankan beban masyarakat selama menghadapi pandemi Covid-19.

Pandemi covid-19 tidak hanya membawa dampak masalah kesehatan saja, namun juga berdampak pada melemahnya perekonomian yang ditandai dengan penurunan produksi, pengurangan tenaga kerja, serta penurunan daya beli masyarakat.

“Semoga program JPS ini dapat membantu masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok selama pandemi,” tandasnya.

Di Kabupaten Tanah Bumbu sendiri, Bupati H Sudian Noor menginginkan agar dana JPS tersebut mampu menjalankan roda perekonomian masyarakat Bumi Bersujud di tengah pandemi Covid-19.

“Salah satu caranya yaitu masyarakat diimbau untuk belanja di UKM yang ada di lingkungan mereka tinggal,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.