Sab. Sep 19th, 2020

Pencemaran Limbah di Sungai Satui Rugikan Nelayan

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Sejumlah nelayan di Sungai Danau, Kecamatan Satui mendatangi Kantor Bupati Tanah Bumbu di Jalan Dharma Praja, Gunung Tinggi, Senin (14/10/2019).

Mereka mengadu dan berkeluh kesah kepada Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor terkait tercemarnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Satui.

Salah satu nelayan Sungai Danau, M Jaki (41) mengatakan,  tercemarnya air di Sungai Satui tersebut mengakibatkan ikan dan udang mati hingga mengapung ke permukaan air. Dan, hal ini sudah berlangsung selama satu minggu.

“Pencemaran sungai akibat limbah ini sangat menghambat aktivitas kami mencari nafkah sebagai nelayan. Padahal. biasanya kami berpenghasilan sekitar Rp100-140 ribu rupiah per hari. Setelah kejadian ini, pengahsilan kami menurun,” jelas Jaki.

Karena sebab itu lah, lanjut Jaki, ia bersama teman sejawatnya menghadap Bupati Kabupaten Tanah Bumbu H Sudian Noor untuk meminta solusi terkait nasib nelayan Satui yang sudah satu minggu tak bisa lagi mencari ikan di Sungai Datui.

Baca Juga :   Jalan Bebas Hambatan Batulicin - Banjarbaru Difungsikan 2020?

“Bahkan, dalam satu minggu terakhir ini kami tidak berani  mengkonsumsi air Sungai Satui. Takutnya akan membahayakan kesehatan, sebab ikan-ikan di sungai itu saja banyak yang mati,” katanya.

Jaki berharap, Pemerintah Kabupaten Tanbu atau instansi terkait secepatnya menindak dan memberikan teguran atau sanksi pada perusahaan yang nakal apabila terbukti melakukan pencemaran di aliran Sungai Satui.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.