Rab. Agu 12th, 2020

Pendapatan Menurun, Keluhan Pedagang Mencuat di Reses Dewan Banjarmasin

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang menyebabkan penurunan pendapatan pedagang kuliner di Banjarmasin dirasakan salah satu warga Pengambangan, Erni.

Sebelumnya, wanita paruh baya ini berjualan di kantin di salah satu sekolah dasar. Namun karena ada wabah, dirinya terpaksa membuka lapak di depan rumah, itu pun hanya mendapatkan sedikit pelanggan per harinya.

“Kami pedagang kecil ini minta kepada pemerintah dan para wakil rakyat agar dapat memberikan solusi. Bagaimana cara kami berjualan dan kembali dapat menafkahi keluarga,” ucap Erni.

Menanggapi hal ini, Anggota DPRD Banjarmasin Dapil Banjarmasin Timur Noorlatifah usai melaksanakan kegiatan Reses di Kantor Kelurahan Banjarmasin Timur, Jum’at (10/7/2020) pun merasa prihatin.

Menurut Lala, sapaan akrabnya, memang di masa pandemi saat ini, hampir seluruh pedagang kecil di kota ini mengalami hal serupa. Khusunya para pedagang kuliner khas daerah yang terpaksa harus banting tulang menafkahi keluarganya.

Baca Juga :   Hari Kartono: Warga Korban Kebakaran Alalak Perlu Bahan Bangunan

“Apalagi di saat pandemi ini, pelanggan juga akan berkurang. Kami harap ada bantuan dari pemerintah. Baik itu dari segi permodalan maupun cara berjualannya,” ucap Lala.

Upaya pembinaan, ujar politikus Golkar ini juga tidak kalah penting dari pemerintah setempat. Bisa saja dengan pembinaan melalui penjualan secara online. “Tidak semua warga mengerti terkait penjualan online atau melalui media sosial. Makanya perlu ada sosialisasi lagi,” katanya.

Dikatakannya, dalam kegiatan reses kali ini memang banyak persoalan yang mencuat. Namun Itu akan segera ditindaklanjuti. “Semua aspirasi masyarakat ini kami tampung. Dan semoga persoalan itu dapat segera diselesaikan,” katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Banjarmasin dari Fraksi Gerindra, Mudah mengatakan, selain persoalan pedagang, beberapa persoalan lain terkait infrastruktur juga mencuat pada Reses kali ini. Mulai dari jalan hingga permintaan warga terkait pembenahan drainase.

Baca Juga :   Tak Ingin Gerobak Pasar Belauran Kembali, Pol PP Duduki Kantor Dewan Hingga Dini Hari

“Kami menginginkan persoalan ini dapat ditindaklanjuti melalui komisi terkait yang ada di DPRD Banjarmasin. Aspirasi warga ini kami tampung dan ditindaklanjuti sesuai dengan keinginan masyarakat,” ujarnya.

Reses DPRD Banjarmasin Tahun 2020 ini juga dihadiri anggota dari Dapil Banjarmasin Timur Lainnya. Harry Wijaya dari Fraksi PAN, Tugiatno dari Fraksi PDIP, Abdul Gais dari Fraksi Demokrat, Awan Subarkah dari Fraksi PKS, Zainal Husni dari Fraksi PKB dan Yunan Chandra dari NasDem.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.