Rab. Mei 27th, 2020

Pengadilan Negeri Paringin Terapkan Sidang Secara Online

1 min read

KabarKalimantan, Paringin – Pengadilan Negeri (PN) Paringin, Kabupaten Balangan akan menerapkan sistem persidangan secara online. Hal itu sebagai upaya mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19.

Humas PN Paringin Raisa SH mengatakan, pelaksanaan sidang secara online ini merupakan tindak lanjut dari Surat Dirjen Badan Peradilan Umum Nomor 379/DJU/PS.00/3/2020, tertanggal 27 Maret 2020 yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) dan Ketua Pengadilan Negeri (KPN) di seluruh Indonesia.

Surat tersebut berbunyi, selama masa darurat bencana wabah Covid-19, maka persidanagan perkara pidana di pengadilan dapat dilakukan secara jarak jauh atau teleconference. “Untuk pelaksananaannya dikoordinasikan dengan Kejaksaan Negeri dan Lapas terkait,” terangnya, Selasa (31/3/2020).

Dijelaskannha, dalam persidangan daring, terdakwa tidak diwajibkan datang ke ruang sidang alias cukup di dalam rumah tahanan tempat terdakwa ditahan. Namun, hakim, jaksa, dan kuasa hukum masih diwajibkan datang ke ruang sidang yang nanti terhubung dengan metode teleconference.

Raisha mengemukakan, alasan mengapa terdakwa yang hanya disidang jarak jauh, lantaran ada potensi tertular virus corona. “Apabila terjadi penularan, maka bisa berbahaya bagi narapidana lainnya di rutan,” jelasnya.

Di Pengadilan Negeri Paringin, lanjutnya, penerapan sidang online ini sudah dimulai sejak 30 Maret kemarin, dan sudah dilakukansidang sebanyak 10 perkara pidana.

“Meski dilaksanakan online, kami menjamin sidang tetap berjalan seperti biasanya, tanpa mengurangi esensi atau mekanisme yang ada di persidangan seperti biasanya,” pungkasnya.

Reporter: FM hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.