Ming. Jan 24th, 2021

Pentas Teater Ayahku Pulang Buat Haru Penonton

2 min read

BANJARMASIN, KK – Acara puncak Mahakarya Wiramartas, Selasa (20/12/2016) malam, diisi dengan beberapa penampilan persembahan Komunitas Wiramartas. Salah satunya pementasan teater berjudul Ayahku Pulang yang berhasil membuat penonton terharu.
Naskah drama Ayahku Pulang karya Usmar Ismail bercerita tentang sebuah keluarga yang ditinggalkan sosok seorang ayah. Dengan mengambil latar suasana malam lebaran yang diisi dengan suara gema takbir, adegan kepulangan sang ayah menjadi puncak konflik dalam pementasan yang berdurasi sekitar 45 menit itu.

Isak tangis terdengar sayup-sayup di kursi penonton. Rupanya pementasan teater realis itu berhasil membuat penonton iba dengan kehidupan tokoh-tokoh di dalam cerita itu. Terlebih saat tokoh ayah dibawa kembali ke rumah itu dengan keadaan bersimbah darah setelah diusir oleh salah seorang anaknya yang tidak bisa menerima lelaki yang membuat hidup mereka menderita itu.

Masdarika, pemeran tokoh Gunarti yang menolak kepulangan sang ayah itu mengaku itulah hasil kerja keras mereka dalam dua bulan berproses. “Kami berproses selama dua bulan,” ucapnya.

Sementara itu, Misna yang duduk di kursi penonton dan menjadi saksi berlangsungnya pementasan menyatakan ikut terharu dengan konflik dan alur cerita.

“Tak terasa air mata ikut menetes saat melihat adegan ayahnya tewas dan tokoh Gunarti baru sadar bagaimana pun ia itu adalah ayahnya sendiri,” cetusnya.

Setelah berakhir pementasan, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah festival musik akustik dan etnik modern dance yang berlangsung pada hari sebelumnya, Senin (19/12/2016). Tingkah lucu pembawa acara kembali membawa penonton menjadi tertawa.

Acara puncak Mahakarya Wiramartas yang mengusung tema mengembangkan dan mengapresiasi jiwa seni untuk menciptakan karya yang berkualitas itu pun ditutup dengan penampilan tari kreasi yang menggabungkan unsur tari tradisi lokal dan modern dance. nfi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.