Pentaskan 2000+25=SOS, Kelompok Halilintar Beri YS Agus Suseno Penghargaan

499

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kelompok Halilintar sukses bawakan monolog 2000+25=SOS pada Rabu (14/2/2018) malam di Gedung Balairungsari Taman Budaya Kalsel, Banjarmasin.

Api menyala di atas panggung mengejutkan penonton. Koor serupa mantra diiringi pukulan gendang khas Pegunungan Meratus terdengar harmonis. Itulah adegan pembuka pementasan kelompok halilintar yang membawakan karya budayawan Kalsel YS Agus Suseno.

Sebelum Hijromi Arijadi Putera muncul sebagai primadona panggung kala itu, terlebih dahulu Sutradara Andi Sahluddin didampingi asistennya Handrian Yudha Sakti memberikan sambutan pengantar. Pada kesempatan itu, sebuah kenang-kenangan berupa piagam diserahkan kepada YS Agus Suseno.

Menurut mereka, budayawan Kalsel tersebut layak menyambut penghargaan sederhana tersebut karena telah konsisten dalam gerakan kebudayaan melalui karya-karyanya. Lewat sejumlah drama, monolog, dan puisi, Agus gencar menyuarakan persoalan sosial budaya juga lingkungan di Kalsel.

Tak mampu banyak berkata-kata, Agus menyambutnya. “Gerakan kebudayaan sangat penting bagi peradaban kita di Banua,” katanya.

Baca Juga :   Mahligai Pancasila Dipasangi Videotron, Ini Fungsinya

Monolog 2000+25=SOS merupakan satu dari sekian karya Agus yang paling sering dimainkan. Karya sastra pertunjukan yang satu ini mengangkat tema konflik agraria yang terjadi pada masyarakat di Pegunungan Meratus.

Meskipun inspirasi peristiwa yang tertuang dalam naskah tersebut terjadi pada 2000 silam, rupanya masih dianggap relevan untuk dipentaskan. Hal ini diakui oleh Andi Sahluddin, sutradara sekaligus pimpinan Kelompok Halilintar.

“Kelestarian meratus sebagai laboraturium budaya terus terancam eksploitasi alam hingga saat ini,” kata Andi.

Pentas monolog 2000+25=SOS adalah salah satu upaya Kelompok Halilintar untuk terus mengingatkan masyarakat tentang dampak yang terjadi akibat konflik agraria dan eksploitasi alam.

M ALI NAFIAH NOOR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here