Pentingnya Peran Keluarga dalam Kesembuhan Klien di RSJD Sambang Lihum

15

KabarKalimantan, Martapura – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Sambang Lihum menggelar Family Gathering di halaman RSJD Sambang Lihum, Kabupaten Banjar, Selasa (12/11/2019).

Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Sambang Lihum, dr Dharma Putra mengatakan, untuk memulihkan klien di RSJD Sambang Lihum agar tidak ada gejala sisa memerlukan peran keluarga.

“Karena walaupun sudah ditangani oleh tenaga profesional di Rumah Sakit, peran keluarga juga sangat diperlukan guna mengembalikan kembali kemandirian, kepercayaan diri dan harga diri si klien tersebut,” katanya.

Ia menambahkan, tindak lanjut di keluarga harus dilakukan agar saat sudah sembuh tidak menjadi beban keluarga, tetapi menjadi sumber mata pencaharian keluarga.

“Sehingga benang kusut dan masalahnya bisa diselesaikan serta tidak menimbulkan masalah baru. Untuk itulah family gathering ini dilakukan,” ucap Dharma.

Baca Juga :   5.000 Pelajar SMA Sederajat Ikut Menanam Padi di Lahan HPS

Dharma mengakui, masih 50:50 keluarga yang turut terlibat dalam penyembuhan kliennya, karena masih ada keluarga yang membiarkan dan tidak memperhatikan mereka.

“Kedepan, kita ingin semua berada dalam kasih sayang keluarga. Sehingga tingkat kepulihannya benar-benar pulih,” katanya.

Ia menambahkan, tingkat kesembuhan paripurna kliennya yang berobat di RSJD Sambang Lihum terus menunjukan peningkatan yakni mencapai 30 persen dan ditingkat nasional sekitar 10 persen. Sedangkan untuk yang sembuh – sembuh kumat atau gejala sisa tingkat kesembuhannya mencapai 80 persen dan ditingkat nasional sekitar 70 persen.

“Saat ini jumlah klien yang mengalami gangguan jiwa yang “dikarantina” di RSJD Sambang Lihum berjumlah 400 orang,” pungkas Dharma.

Reporter : Syahri Ramadhan

Editor : Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab : M Ridha

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here