Menu

Mode Gelap

Barito Kuala · 13 Jul 2021 14:10 WIB ·

Penuhi Panggilan Kejari Batola, Kades Kolam Kanan Dicecar 100 Lebih Pertanyaan


 Penuhi Panggilan Kejari Batola, Kades Kolam Kanan Dicecar 100 Lebih Pertanyaan Perbesar

KabarKalimantan, Marabahan – Kepala Desa Kolam Kanan, Kecamatan Wanaraya Endang Sudrajat memenuhi panggilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Barito Kuala, Selasa (13/7/2021).

Ia dipanggil untuk dimintai keterangan terkait polemik antara masyarakat petani plasma kelapa sawit dengan Koperasi Unit Desa (KUD) Jaya Utama yang bermitra dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Agri Bumi Sentosa.

“Ini semua sehubungan dengan permasalahan masyarakat petani plasma di Desa Kolam Kanan, saya dipanggil hanya untuk dimintai keterangan saja. Ada sekitar 100 pertanyaan lebih yang disodorkan pihak pemeriksa, dan kita jawab apa adanya,” katanya.

Baca Juga :   Batola Dukung Implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2021

Sementara itu, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Barito Kuala M Hamidun Noor mengatakan, pihaknya berkomitmen terus mendalami kasus tersebut.

“Saat ini kami masih mengumpulkan bahan keterangan dan sesuai surat perintah dari Kepala kejaksaan Negeri (Kajari) Batola untuk menangani kasus yang dilaporkan masyarakat petani plasma secara tegas, tuntas dan jelas,” tegasnya.

Baca Juga :   Wabup Batola Kunjungi Pengungsian Warga Terdampak Banjir

Untuk diketahui, sebelum tuntutan masyarakat petani plasma sampai ke Kejari Batola, sudah beberapa kali mereka melakukan mediasi, baik itu dengar pendapat dengan DPRD maupun yang terakhir dengan tim penanganan konflik yang difasilitasi oleh Kesbangpolinmas. Namun semuanya tak membuahkan hasil hingga mereka berunjuka rasa ke Kantor Kejari Barito Kuala.

Pada Kejari Batola, para petani plasma ini berharap penuh agar kasus ini menemukan titik terang. “Kami berharap akar permasalahan ini dapat diselesaikan, karna kami selama ini telah dibohongi, 11 tahun kami hanya makan janji-janji manis saja,” ujar Sujarwo, salah seorang pengunjuk rasa waktu itu.

Baca Juga :   Danu : Lahan Pertanian Desa Jejangkit Mengandung Racun

Selain Endang, ada beberapa petani plasma dan juga anggota KUD Jaya Utama yang dipanggil pihak Kejari Batola untuk dimintai keterangan sehubungan dengan polemik perkebunan plasma kelapa sawit di Kecamatan Wanaraya, Barambai, Marabahan dan Tabukan.

Reporter: Mahmud Shalihin

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Anak Ditilang Polisi, Raihan Curhat di Facebook

3 Desember 2021 - 21:25 WIB

Hapus Unggahan Soal Tilang, Raihan Minta Maaf kepada Satlantas Polres Batola

3 Desember 2021 - 20:53 WIB

KORMI Batola Gelar Rapat internal

2 Desember 2021 - 13:03 WIB

Petani Ikan Jala Apung, Kolam dan Tambak Diminta Siaga Banjir

2 Desember 2021 - 11:00 WIB

Musrenbang RPJMD Provinsi Kalsel, Pengusaha Diharapkan ikut Berkontribusi dalam Pembangunan

2 Desember 2021 - 10:59 WIB

DPRD Setujui APBD 2022 Batola Rp1,275 Triliun

1 Desember 2021 - 09:09 WIB

Trending di Barito Kuala