Rab. Sep 23rd, 2020

Penyampaian Empat Raperda Inisiatif, DPRD Tanbu Ingin Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

2 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu memprioritaskan pengajuan empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif kepada Bupati Tanbu, Senin (10/8/2020).

Rapat paripurna kali ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD  Tanbu HM  Alpiya Rakhman dan dihadiri oleh Bupati H Sudian Noor, Wakil Bupati H Ready Kambo, Sekreatris Daerah (Sekda) H. Rooswandi Salem, kepala SKPD dan pimpinan BUMN/BUMD Tanbu serta Forkopimda setempat.

Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu H Supiansyah ZA memaparkan, empat Raperda inisiatif yang disampaikan merupakan kepentingan daerah, yaitu Raperda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah, Raperda Keolahragaan,  Raperda Pengelolaan Perikanan pada Perairan Umum Daratan, serta Raperda Pemberdayaan Nelayan Kecil.

“Pengajuan Raperda inisiatif ini merupakan kepekaan serta kepedulian legislatif terhadap aspirasi yang telah sampaikan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Supiansyah.

Untuk Raperda Pemberdayaan Nelayan Kecil, mengingat masyarakat Tanbu pada umumnya berpenghasilan dan berpendapatan hanya mengandalkan sebagai nelayan. “Nelayan kebanyakan bermukim di pesisir, sehingga sangat ketergantungan pada sumber daya ikan, kondisi lingkungan, sarana dan prasarana, kepastian usaha, akses permodalan, dan teknologi informasi sehingga membutuhkan pemberdayaan,” katanya.

Pentingnya Perda inisiatif bagi nelayan Tanbu, lanjutnya, karena selama ini para nelayan bekerja dengan sederhana atau hanya secara tradisional, baik dari sisi peralatan, sarana dan prasarana yang hanya bergantung pada situasi alam untuk melaut mencari ikan.

Sementara untuk pemberdayaan para nelayan kecil, tambahnya, tentunya perlu diberikan pelatihan cara menangkap ikan secara modern, pengoperasian peralatan tangkap ikan, aspek keselamatan kerja, dan juga perlunya penambahan modal untuk menjalankan usaha nelayannya.

“Pengajuan Raperda inisiatif merupakan salah satu kepentingan para nelayan, dalam memberikan perlindungan dan pemberdayaan terhadap nelayan kecil yang ada di Tanbu. Selain itu kita juga dapat mendongkrak pendapatan nelayan,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.