Jum. Apr 10th, 2020

Penyandang Disabilitas Kalsel Tuntut Pelaksanaan Pergub Nomor 004 Tahun 2019

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Penyandang disabilitas belum mendapatkan kesempatan kerja sebagaimana diamanatkan undang-undang. Selain itu, mereka juga belum terlayani dalam bermacam urusan administrasi.

Bersama Dinas Sosial Kalimantan Selatan, sejumlah penyandang disabilitas mendatangi Rumah Banjar pada Selasa (25/2/2020) siang. Mereka melakukan pembicaraan dengan wakil rakyat di Komisi IV DPRD Kalsel.

Banyak keluhan yang disampaikan penyandang disabilitas. Salah satunya soal hak mereka untuk mendapat pekerjaan.

Ketua DPD Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Agus Hidayat mengungkapkan, dirinya mengapresiasi adanya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 004 Tahun 2019 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-hak Penyandang Disabilitas. “Cukup memuaskan. Tapi sosialisasinya belum sampai,” ucapnya.

Pergub 004 itu, menurut Agus menegaskan lagi Undnag-undang Nomor 8 Tahun 2016. Penyandang Disabilitas punya jatah kerja sebesar 1 persen di setiap perusahaan swasta. Sedangkan untuk penerimaan pegawai negeri ada 2 persen untuk tiap instansi. “Nyatanya tidak ada,” ujarnya.

Curahan hati penyandang disabilitas lantas menyentuh rasa kemanusiaan wakil rakyat. Ketua Komisi IV DPRD Kalsel HM Lutfi Syaifuddin bertekad segera mendorong pelaksanaan Pergub itu. “Untuk tahun ini kita fokus sosialisasi. Tahun depan sudah penegakan,” ucap politisi Gerindra tersebut.

Lutfi mengingatkan, Pergub punya ancaman yang tegas bagi yang melanggar. Jika perusahaan tidak memenuhi amanat Pergub, izin usahanya akan dicabut.

Reporter: M Ali Nafiah Noor
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.