Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Ditarget Selesai 20 Hari

1548

KabarKalimantan, Banjarmasin – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara hari ini, Jumat (1/3/2019).

Penyortiran dan pelipatan yang dilakukan di Gedung Wargasari UPTD Taman Budaya Kalsel itu ditarget selesai dalam jangka waktu 20 hari.

“Target kami dari 1-20 Maret dengan jumlah 3.898 peck,” ucap Sekretaris KPU Banjarmasin, Husni Thamrin.

Proses penyortiran dan pelipatan dibagi menjadi dua shift, siang dan malam. Pagi dari pukul 8.00-16.00 Wita. Kemudian untuk shift malam dari pukul 16.00-00.00 Wita.

Untuk pilihan pertama, penyortir dan pelipatan dilakukan terhadap surat suara DPR RI Kalimantan Selatan 2 yang berjumlah 2.456.027 lembar, dengan target proses 4 hari selesai.

“Karena ada lima jenis pemilihan dengan target 20 hari kerja, jadi setiap pilihan ditarget selesai dalam 4 hari,” jelasnya.

Husni melanjutkan, untuk jumlah relawan yang bertugas ada 66 orang. 18 di antaranya merupakan mahasiswa.

Baca Juga :   Golput Diharapkan Jadi Pemilih yang Baik

“Karena sesuai petunjuk memang dapat melibatkan mahasiswa. Kami juga akan melakukan penambahan lagi 10 orang mahasiswa untuk menambah tenaga yang ada,” imbuhnya.

Selain itu, khusus penyortiran dan pelipatan surat suara DPRD Kota Banjarmasin yang berjumlah 5 daerah pemilihan (Dapil). KPU berencana melibatkan anggota program pengembangan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

“Setiap Dapil nanti ada 10 orang yang bertugas melakukan penyortiran dan pelipatan,” katanya.

Dia menjelaskan secara teknis, untuk penyortiran dan pelipatan setiap relawan dijatahi satu kotak yang mana setiap kotak berisi 500 lembar surat suara.

Setiap surat suara dipilah per 25 lembar. Kemudian setelah selesai kembali dimasukan ke dalam peck untuk dilaporkan kepada pengawas dari sekretariat KPU yang bertugas.

“Di situ nanti akan ketahuan berapa jumlah surat suara yang baik maupun rusak. Bahkan tidak menutup kemungkinan ada yang kurang. Karena sesuai pengalaman daerah lain ada kejadian itu,” ungkapnya.

Baca Juga :   KPU Dituntut Bersikap Amanah

M Syahbani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here