Sel. Jan 26th, 2021

Perayaan Harjad Kecamatan Mekarsari Dirangkai Acara Petik Nanas dan Gelar Produk Olahan

2 min read

KabarKalimantan, Marabahan – Baru pertama kali Kecamatan Mekarsari merayakan hari jadinya. Setelah berumur 34 tahun yang jatuh pada September 2020 lalu. Kecamatan yang tergolong tua di Kabupaten Barito Kuala (Batola) ini merayakan hari jadinya, Senin (21/12/2020).

Meski pertama kali, namun perayaan yang dilaksanakan di depan Kantor Camat Mekarsari ini tergolong semarak. Acara berisi sejumlah rangkaian seperti pemotongan nasi tumpeng yang diserahkan kepada Camat Mekarsari Hikmatullah.

Selain itu, acara juga dirangkai dengan kegiatan petik nanas, gelar produk olahan berbahan nanas, pemberian tali asih kepada para tokoh pendiri kecamatan, pemberian bantuan tunai kepada TPA At-Taqwa Desa Mekarsari Rp10 juta, pemberian bantuan tunai kepada Mushalla Darul Iman Desa Tinggiran Baru Rp15 juta, dan pemberian bantuan Masjid Baiturrahman Desa Tinggiran Baru Rp15 juta.

Acar yang dihadiri langsung Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS di Lapangan Handoko Anwar Kecamatan Mekarsari ini juga diisi sejumlah penampilan seni anak-anak TK, pembacaan sejarah singkat Kecamatan Mekarsari.

Dalam sambutannya, Noormiliyani menyampaikan ucapan selamatnya kepada seluruh warga Mekarsari yang telah berperan serta dalam pembangunan di kecamatan setempat.

Ia juga mendukung rencana pengembangan agrowisata petik nanas di Kecamatan Mekarsari. Karena melalui bidang pertanian dan perkebunan inilah peluang besar untuk bisa meningkatkan taraf penghasilan masyarakat.

“Berbeda dari kabupaten kota lain, kita di Batola memang terbatas sumber daya alamnya, namun kita tetap bisa memaksimalkan pendapatan melalui sektor pertanian dan perkebunan,” ungkapnya.

Bupati juga menyatakan turut mengupayakan terwujudnya agrowisata nanas yang memang menjadi komoditas andalan dari daerah yang berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah ini.

Sebelumnya, Camat Mekarsari Hikmatullah menyatakan telah mensosialisasikan kepada masyarakat, mengenai peluang dan keuntungan dalam berkebun nanas dan mereaka mau bergerak bekerjasama, serta siap mewujudkannya.

Terkait kendala yang masih menjadi momok dalam mewujudkan agrowisata ini berjalan lancar yaitu infrastuktur jalan. Dan hal ini, lanjutnya, menjadi sangat penting sebagai akses yang bisa mempermudah, baik itu mengangkut hasil pertanian maupun pembuka bagi masyarakat luar untuk datang ke Mekarsari.

Ia pun menyampaikan esensi dari peringatan Harjad kali ini sebagai momentum untuk mengenang sejarah berdirinya Kecamatan Mekarsari. Serta mendorong kreatifitas masyarakatnya untuk terus berinovasi dengan sumber daya alam yang tersedia.

Reporter: Mahmud Shalihin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.