Peringatan Harganas, Momentum Promosikan Pariwisata Kalsel

1246

KabarKalimantan, Banjarmasin – Festival Budaya dan Pariwisata Kalimantan Selatan digelar dalam rangka mendukung Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Dahnial Kifli mengatakan, dengan kedatangan 33 provinsi se-Indonesia menghadiri Harganas XXVI, Dinas Pariwisata mengambil momentum untuk memperkenalkan serta mempromosikan budaya dan pariwisata Kalsel.

“Kami mengambil momen Harganas ini untuk memperkenalkan budaya, kearifan lokal serta pariwisata di Kalsel seperti Pasar Terapung, jukung hias, tari-tarian, permainan tradisional dan kulinernya,” kata Dahnial usai pembukaan Festival Budaya dan Pariwisata di Siring 0 Km Banjarmasin, Kamis (4/7/2019).

Ia menuturkan, selama Harganas ini berlangsung, sektor pariwisata memberikan efek yang positif bagi penyedia tempat hunian seperti hotel, losmen, guest house sampai rumah penduduk yang penuh dan dibarengi dengan wisata kuliner khas Banua.

“Itu menandakan sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat menjanjikan bagi semua sektor,” ucap Dahnial.

Baca Juga :   Sinergi dan Silaturahmi antar DWP BKKBN se-Indonesia

Dahnial berharap dengan banyaknya provinsi yang datang ke Kalsel dan dengan adanya festival ini dapat membawa informasi yang positif, yang dapat menarik minat pengunjung atau wisatan nusantara maupun mancanegara.

“Ini momen yang sangat baik untuk kita mempromosikan Banua. Tujuan akhirnya orang akan banyak berkunjung dan perwkonomian masyarakat juga turut semakin meningkat,” ucap Dahnial.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Heriansyah mengatakan, festival yang rutin digelar Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan ini diharapkan dapat mengundang provinsi lain untuk meliat budaya dan pariwisata yang ada di Kalsel.

“Semoga mereka yang berkunjung ke Kalsel dapat menceritakan kepada seluruh Indonesia bahwa Kalsel penuh dengan budaya dan pariwisata sehingga Kalsel didatangi semua orang,” kata Heriansyah.

Heri menuturkan, kebudayaan dan pariwisata di Kalsel dapat bersaing dengan pariwisata di daerah lainnya. Karena menurutnya Kalsel memiliki berbagai dan banyak potensi.

Baca Juga :   PKK Kalsel Gelar Beragam Kegiatan Sosial di Momen Harganas

“Kita memiliki banyak potensi dan itu sanggup bersaing, potensi kita seperti wisata alamannya Pegunungan Meratus, Loksado, Pasar Terapung dan wisata kulinernya. Sehingga ini menjadi kekhasan tersendiri bagi pariwisata Kalsel,” pungkas Heriansyah.

Festival Budaya dan Pariwisata akan digelar mulai 4-6 Juli, bertempat di Siring 0 km, dengan dirangkai berbagai kegiatan seperti penampilan tari-tarian dan musik tradiaional, serta lomba-lomba tradisional seperti lomba balogo, bagasing, lomba becak hoas, lomba sepeda antik, pawai budaya, lomba masak ikan seluang dan wisata kuliner dengan stand-stand kuliner dari 13 kabupaten/kota di Kalsel.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here