Perkuat Nasionalisme Melalui Sosialisasi Bela Negara

192

KabarKalimantan, Banjarmasin – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Banjarmasin kembali melaksanakan Sosialisasi Peningkatan dan Perkuatan Kesadaran Bela Negara di Aula Balai Diklat, Jalan Brigjen Hasan Basry, Banjarmasin, Selasa (10/4/2018).

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 50 orang peserta dari beragam lapisan masyarakat, baik umum, mahasiswa, LSM, dan berbagai elemen tersebut menghadirkan pemeteri dari berbagai kalangan, seperti TNI, Polri, dan akademisi.

Kepala Kesbangpol Banjarmasin Kasman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program yang dilaksanakan secara rutin oleh Kesbangpol Banjarmasin. Tujuanya tidak lain untuk memberikan pengayaan dan perluasan wawasan terkait bela negara demi menjaga dan ketertiban di wilayah NKRI.

“Ini sudah diatur dalam undang-undang 28 dan peraturan menteri 38 tentang bela negara, semua warga negara wajib mengikuti sosialisasi bela negara,” ucapnya di sela kegiatan.

Dia menambahkan, materi yang diberikan narasuber diharapkan mampu dicerna oleh perwakilan undangan yang selanjutnya bisa disebarkan lagi kepada masyarakat yang lebih luas. Sehingga hasil sosialisasi yang diharapkan mampu memupuk rasa nasianolisme bisa tercapai.

Baca Juga :   Pemkot Banjarmasin Beberkan Kandidat Calon Direktur RSUD Sultan Suriansyah

“Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi masyarakat kita khususnya di Banjarmasin. Kami percaya Banjarmasin bisa mempertahankan kondisi yang aman dan tentram,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Sosial Kota Banjarmasin, Gazi Ahmadi, yang berkesempatan membuka acara tersebut memberikan apresiasi yang tingga atas kegiatan Kesbangpol tersebut. Menurutnya, nilai bela negara bukan hanya kegiatan fisik semata, namun merupakan kegiatan mental karakter yang harus ditanamkan di dalam jiwa masyarakat.

“Saya berharap sosialisasi ini hendaknya diamanaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memeperoleh bekal sebanyaknya dalam upaya menjadikan kegaiatan masyarakat secara profesional dan penuh edukasi,” pungkasnya.
M SYAHBANI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here