Rab. Sep 30th, 2020

Pers Punya Peran Penting dalam Pesta Demokrasi

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor membuka secara resmi seminar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel yang mengusung tema “Peran Pers Mengawal Pemilu yang Bermartabat” yang digelar di Gedung PWI Kalsel, Banjarmasin, Senin (14/9/2020).

Dalam pembukaan seminar yang diikuti oleh insan pers cetak, elektronik, dan online tersebut, gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, pentingnya peran pers dalam mewujudkan pesta demokrasi yang bahagia dan bermartabat.

“Melalui seminar ini, insan pers di Banua bisa lebih memberikan implikasi pola pikir kepada masyarakat di Banua terkait dengan tahapan demokrasi, sehingga pesta demokrasi nanti bisa berjalan bahagia dan melahirkan pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat,” katanya.

Ia menuturkan, selain sebagai kontrol sosial guna mewujudkan Pemilu bermartabat, keberadaan insan pers juga mampu menguatkan komitmen dalam menjamin terwujudnya kedaulatan rakyat.

“Peran yang dapat dilakukan pers dalam mewujudkan Pemilu yang bermartabat yakni mulai dari mengawal partisipasi masyarakat, penyelenggaraan seluruh tahapan Pemilu, hingga mencegah terjadinya politik uang. Begitu pentingnya keberadaan pers, oleh karenanya dunia tanpa pers bagai sayur tanpa garam,” ucap Paman Birin.

Sementara itu, Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie mengatakan, peran pers sangat penting apalagi di masa-masa era demokrasi sekarang ini khususnya di Kalsel. “Peran pers sangat penting sebagai penyeimbang dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” katanya.

Adapun Ketua PWI Pusat Atal S Depari yang berhadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, insan pers adalah para pekerja, organisasi, dan profesi yang sangat diperlukan. “Karena jika tidak ada mereka tidak adalah kita, jika tidak ada kita maka tidak ada mereka. Kita saling melengkapi, apalagi di dalam masa menuju pesta demokrasi yang terbuka, transparan dan akuntebel,” pungkas Atal.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.