Persinas ASAD Kotabaru Gelar Kejuaraan Pencak Silat se-Kabupaten Kotabaru

58

KabarKalimantan, Kotabaru – Sekitar 85 pesilat dari Kecamatan Pulau Laut Utara, Kelumpang Selatan, Kelumpang Hilir, Pulau Laut Timur dan Pulau Laut Tengah ikuti kejuaraan pencak silat yang digelar Perguruan Silat Nasional ASAD Kotabaru, Sabtu (2/11/2019)

“Kejuaraan ini digelar bertujuan untuk mencari bibit pesilat dalam rangka seleksi mengikuti Kejurprov Persinas ASAD di Banjarbaru pada Desember mendatang,” ujar Ketua Panitia sekaligus Ketua Penkab Persinas ASAD Kabupaten Kotabaru H Guslan.

Guslan menjelaskan, ada empat tingkatan kategori yang diperlombakan di kejuaraan ini, yakni usia dini, pra remaja, remaja dan dewasa.

“Nah, bagi yang juara, nantinya akan kami lakukan pembinaan untuk mengikuti Kejurda Kabupaten Kotabaru. Nantinya, yang terpilih bakal menjadi perwakilan Kotabaru dalam mengikuti Porprov 2021 di Hulu Sungai Selatan (HST),” ucapnya.

Guslan berharap, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru dapat mengayomi seluruh perguruan pencak silat di kabupaten Kotabaru agar ke depannya seni bela diri tradisional ini dapat lebih maju dan memberikan prestasi.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia Kabupaten Kotabaru M Yusuf mengatakan, dilaksanakan pertandingan pencak silat ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar pelatih dan para pesilat, serta mempererat hubungan kekeluargaan.

“Kami sangat menysupport atas terlakasananya kegiatan ini. Mudah-mudahan, seluruh perguruan pencak silat di Bumi Saijaan ini dapat melaksanakannya juga,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Kabag Olahraga Dispora Kotabaru Juhaini mengatakan,  sebagaimana visi dan misi dari Persinas ASAD, dengan pencak silat akan terwujud persaudaraan dan mewujudkan jiwa ksatria sebagai karakter dan jati diri bangsa.

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here