Sab. Jul 4th, 2020

Pertanian untuk Masa Depan Rakyat Banua

1 min read

SUDAH saatnya Kalimantan Selatan tak lagi bergantung pada sektor tambang. Potensi pertanian dan perkebunan harus dimaksimalkan, sehingga pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat melalui sektor ini meningkat.

Selain lebih ramah lingkungan ketimbang tambang, pertanian dan perkebunan juga memiliki potensi cukup baik. Salah satunya untuk diimpor dan memenuhi kebutuhan daerah sendiri.

Seperti arahan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, rencana pembangunan pertanian harus dilakukan dengan cepat, teliti dan tepat sasaran. Serta dapat menyentuh permasalahan yang dihadapi oleh petani dan dunia pertanian itu sendiri.

Seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian mulai dari provinsi hingga kabupaten/kota bahkan wilayah kecamatan dan desa diharapkan mampu menuntaskan masalah pertanian. Termasuk melaksanakan perencanaan pembangunan pertanian yang diprioritaskan.

Hasil pertanian dan perkebunan seperti padi, jagung, kedelai, aneka cabai dan bawang merah serta yang berorientasi ekspor yaitu kelapa sawit, kopi, kakao dan karet harus dimaksimalkan. Salah satu caranya adalah modernisasi pertanian melalui mekanisasi kegiatan pertanian menggunakan kualitas unggul dan integrasi pertanian. 

Tidak kalah penting adalah mempertahankan lahan pertanian. Jangan sampai dengan laju pembangunan di Banua, lahan pertanian ikut tergerus. Ini jelas akan sangat mempengaruhi hasil pertanian itu sendiri.

Lahan pertanian harus dijaga dan dipertahankan. Karena bagaimana pun juga sektor pertanian menjadi salah satu sektor utama di Kalimantan Selatan. Sekaligus turut mendorong dan membantu program swasembada pangan di Indonesia.

Para petani juga mesti maksimal dibantu. Kesejahteraan petani perlu diperhatikan, agar para petani mampu sejahtera. Cara pandang daerah kita harus mulai berpindah, agar tak terlalu ketergantungan dengan sektor tambang.

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.