Rab. Agu 12th, 2020

Perubahan Status PDAM Bandarmasih masuk Propemperda 

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Status Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih akan segera diubah menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) di tahun 2020.

Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) perubahan status itu pun sudah dimasukkan dalam Propemperda di DPRD Banjarmasin.

Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Banjarmasin, Awan Subarkah menjelaskan, desakan perubahan status badan hukum PDAM itu, mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Sehingga perubahan status PDAM Bandarmasih ini  harus segera dilaksanakan,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, ada dua pilihan badan hukum yang bisa diterapkan jika mengaju pada PP tersebut yakni, menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda), atau Perseroan Daerah (Perseroda).

Namun dari dua kemungkinan itu, disepakati perubahan status Badan Hukum PDAM akan menjadi Perumda, sehingga nantinya pemilik saham bisa berstatus tunggal yakni Pemkot Banjarmasin.

Baca Juga :   PDAM Pastikan Perbaikan Pipa Bocor Selesai Sore Ini, Dirop: Malam Sudah Operasional

Dikatakannya, ke depan perubahan status badan hukum itu berdampak pada perubahan fungsi dan tatanan organisasi di PDAM Bandarmasih, mulai dari Kuasa Pemilik Modal (KPM) utama dalam hal ini Pemkot Banjarmasin, Dewan Pengawas dengan sejumlah komite di dalamnya, serta Direksi Perusahaan.

Jika status badan hukum PDAM sudah berubah menjadi Perumda, maka saham keseluruhan  perusahaan yang melayani penyediaan air bersih ini sepenuhnya  akan menjadi milik Pemkot Banjarmasin.

“Sekarang tinggal, bagaimana upaya kita untuk bisa meminta hibah modal Pemprov yang sekarang masih ada di perusahaan itu,” ucapnya.

Pihak Pemerintah Provinsi Kalsel, tambahnya, memiliki penyertaan modal sekitar 15 persen di PDAM, sehingga bila status Badan Hukum menjadi Perumda  tentunya harus dilakukan kajian secara matang dan dikoordinasikan dengan pihak Pemprov Kalsel.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Baca Juga :   Sah, Abdul Gafar Resmi Gantikan Andi Effendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.