Perusahaan dan Masyarakat Diminta Awasi Orang Asing

176
Imigrasi Banjarmasin saat talk show membahas TKA ilegal di RRI Banjarmasin, Senin (11/12/2017). Istimewa

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kantor Imigrasi tingkat I Banjarmasin mengimbau kepada perusahaan yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) agar rutin melaporkan kepada instansi teknis yang menangani.

Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham Kalsel, Yosep H. A, mengatakan perusahaan mesti kooperatif sebelum Imigrasi melakukan razia TKA ilegal. Operasi ini melibatkan intansi lain maupun secara mandiri.

“Silahkan laporkan melalui Aplikasi Pengawasan Orang Asing, jika tidak, kami akan melakukan tindakan yang lebih keras,” ucap Yosep H. A saat Interaktif Dialog di Studio Pro 1 RRI Banjarmasin, Senin (11/12/2017).

Ia mendorong peran serta masyarakat bersama-sama turut serta mengawasi orang asing yang ada di wilayahnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin, Syarifullah mengingat wilayah kerja Kanim Banjarmasin cukup luas. Itu sebabnya, kata dia, kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya personel Imigrasi yang hanya sebanyak 53 orang.

“Akan tetapi saya tetap melaksanakan tugas pengawasan dengan setiap harinya mengeluarkan surat perintah kepada anggota untuk memonitor kegiatan orang asing di wilayah kerja saya,” ujar Syarifullah.

Baca Juga :   Rutan Marabahan Perlu Perhatian Pemerintah Pusat

Perihal syarat pembuatan paspor, baik pemohon pembuatan paspor baru atau pergantian, harus memiliki syarat seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran atau ijazah SD atau SMP dan Surat Nikah.

Sedangkan untuk pemohon paspor pergantian atau sebelumnya telah memiliki paspor yang dikeluarkan Kanim Banjarmasin, cukup membawa paspor lama atau KTP asli maupun salinan.

“Namun, bila yang mengeluarkan diluar Kanim Banjarmasin, maka harus melengkapi sesuai dengan persyaratan seperti semula, kemudian untuk aplikasi Antrian Online sudah dapat di Uunduh yang mana di dalamnya menyajikan persyaratan pembuatan paspor Republik Indonesia,” tandasnya.

M. SYAHBANDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here