Jum. Feb 28th, 2020

PGRI Berperan Meningkatkan Kualitas dan Guru di Kalsel

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Konferensi Kerja IV Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Kalimantan Selatan masa bakti XXI Tahun 2018 diharapkan dapat memberikan aspirasi dan rekomendasi kepada pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas dan mutu guru-guru di Kalsel.

Hal itu dikatakan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang diwakilkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel H M Yusuf Effendi saat membuka Konfrensi Kerja IV PGRI Kalsel di Hotel G-Sign, Banjarmasin, Jumat (30/3/2018) malam.

Menurut Yusuf, di era globalisasi sekarang ini persaingan begitu ketat dan kompetitif. Persaingan tidak hanya antar daerah dan antar provinsi, tetapi juga terjadi antar negara, khususnya negara Asia.

Ia mengatakan, guru memiliki peranan penting atau bahkan bisa dikatakan menjadi salah satu ujung tombak dalam kesuksesan pelaksanaan pendidikan. Selain itu, guru juga mampu membentuk dan mempersiapkan peserta didik menjadi generasi yang berkualitas, berkarakter dan berdaya saing.

Baca Juga :   Tiga Langkah Disdik Kalsel Cegah Penyalahgunaan Carnophen

“Saya ingin guru dan peserta didik mampu bersaing di level regional dan global,” ucap Yusuf Effendi membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Disamping itu, tambahnya, guru juga harus menjadi sumber teladan bagi peserta didik. Menurutnya, guru bukan hanya sekadar pengajar, tapi juga seorang pendidik.

“Guru tidak cukup hanya menjadi profesional, tetapi juga mampu menjadi teladan bagi peserta didiknya,” tandasnya.
Dalam sambutan tertulisnya itu, gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin mengatakan, Konfrensi Kerja PGRI Provinsi Kalsel ini dapat menghasilkan kajian dan keputusan yang dapat memperkuat PGRI Kalsel secara konpensasi serta sebagai wadah perjuangan pergerakan guru-guru di Kalsel agar lebih baik, profesional dan lebih bermutu.

Yusuf menjelaskan, PGRI merupakan mitra Dinas Pendidikan Kalsel. Secara otomatis, tentu membutuhkan keterpaduan dan kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan yang bergerak di bidang pendidikan.

Baca Juga :   Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdik Kalsel Bentuk Dewan Pendidikan

Untuk itu, ia berharap, setiap ada momentum konferensi kerja ataupun rapat kerja, selalu ada sumbangsih pemikiran bagi Disdikbud yang dapat menjadi referensi dalam mengambil langkah-langkah kebijakan dalam memajukan dunia pendidikan di Provinsi Kalsel.

“Sumbangsih PGRI sangat kami harapkan demi kemajuan dunia pendidikan dan selalu direspon positif,” pungkas Yusuf.
SYAHRI RAMADHAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.