Sab. Sep 19th, 2020

Pilkades Balangan Nihil Konflik

1 min read

Polisi, TNI, dan warga sipil menjaga kondusifitas pilkades serentak di Balangan. Istimewa

KabarKalimantan, Paringin – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Balangan pada 2 Oktober 2017 lalu yang mencakup 29 desa berjalan lancar tanpa permasalahan .

Kasat Intelkam Polres Balangan, Ajun Komisaris Sugeng Rianto, menyampaikan bahwa polisi serius mengawal proses pilkades dan pemantauan, terutama ihwal potensi gangguan kamtibmas di lokasi pilkades.

“Untuk antisipasi hal-hal yang tak diinginkan, intelkam melakukan penggalangan intelijen dengan pendekatan dan kordinasi panitia pilkades, calon dan tim pemenangannya,”ucap AKP Sugeng kepada KabarKalimantan , Kamis (16/11/2017)

Penggalangan intelijen bertujuan menciptakan situasi kondusif, baik saat pelaksaanaan dan mengantisipasi risiko setelah pelaksanaan pilkades. Sugeng mengklaim 29 desa terpantau aman dan terkendali. Ada sebagian pendukung pemenang yang melampiaskan dengan berkonvoi, namun hal itu wajar.

“Pilkades berjalan lancar, nihil konflik, Meski demikian, kita tetap terus melakukan pemantauan di sejumlah wilayah,” kata Sugeng.

Kasi Bina Penataan Desa dan Kelurahan di DPMD Balangan, Riny Rahayulita menambahkan, awalnya direncanakan ada 33 desa yang menggelar Pilkades di Balangan. Namun karena ada empat jabatan kades di-PAW, sehingga Pemkab Balangan hanya menentukan 29 desa menggelar pilkades.

Pelaksanaan Pilkades berjalan lancar dengan diikuti oleh sebagian besar yang masuk DPT pilkades. “Dari laporan masuk sebagian besar mengikuti pilkades,” ucapnya.

Selanjutnya setelah pelaksanaan pilkades dilanjutkan penetapan calon kades terpilih, penyampaian berkas calon kades yang terpilih, proses peningkatan SK bupati, pelantikan serta peningkatan kapasitas kades.

F. M HIDAYATULLAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.