Polda Kalsel Gelar Apel Pasukan Siaga Karhutla

261

KabarKalimantan, Banjarbaru – Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan melaksanakan apel gelar pasukan persiapan siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bumi Lambung Mangkurat, Kamis (2/8).

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman Gedung Pusat Pelayanan SIM di Jalan A Yani KM 21, Landasan Ulin tersebut dipimpin langsung Kapolda Kalsel Irjen Pol Rachmat Mulyana dan diikuti sebanyak 1.200 personil gabungan yang nantinya akan diterjunkan dalam penanganan karhutla.

“Dalam persiapannya, sinergitas TNI-Polri, pemerintah daerah dan BPBD sudah membuat perencanaan serta kesigapan bersama-sama untuk menanggulangi terjadinya karhutla di Kalsel,” ujar Rachmat.

Orang nomor satu di tubuh kepolisian daerah Kalsel ini menerangkan, berdasarkan data Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat ini tengah memasuki musim kemarau. Sejak awal 2018 hingga kini, tercatat ada sebanyak 81 wilayah yang rawan karhutla.

“Untuk itu, saya mengimbau kepada seluruh personil untuk siaga mulai dari sekarang. Khusu untuk pengusaha perkebunan, saya kembali tekankan agara tidak membakar hutan dalam membuka lahan baru, mengingat hotspot kita saat ini sudah cukup banyak, ” tegasnya.

Baca Juga :   Edarkan Sabu, Remaja Berusia 15 Tahun Diringkus Polisi

Dalam apel gelar pasukan siaga karhutla, Kapolda Rachmat mendapatkan apresiasi dari seluruh kesatuan wilayah jajaran Polda Kalsel serta instansi terkait yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Usai melaksanakan apel gelar pasukan penanganan serta pencegahan dini karhutla tersebut, Kapolda Rachmat langsung menuju Asrama Direktorat Sabhra Polda Kalsel. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapsiagaan anggota serta meninjau keadaan asrama, baik mulai perlengkapan hingga kebersihan lingkungan asrama.

Syahbandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here