Polisi Balangan dan HSU Tangkap Pemasok Obat THD

1250
Pelaku pengedar obat daftar G jenis THD, H AG alias Nanang. Polres Balangan dan HSU meringkus Nanang pada Jumat (29/12/2017). Istimewa

KabarKalimantan, Paringin – Satuaan Resnarkoba Polres Balangan meringkus seorang warga Amuntai , Kabupaten Hulu Sungai Utara karena diduga memasok obat daftar G jenis THD ke wilayah Balangan.

Si pelaku berinisial H AG alias NANANG alias PAMAN ( 56), warga Tambalangan Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten HSU. Polisi meringkus Nanang di sebuah toko obat di Kecamatan Amuntai Tengah, Jum’at (29/12)

Kasat Narkoba Polres Balangan, Ajun Komisaris Suherman, menyatakan penangkapan terhadap Nanang merupakan hasil pengembangan dari penangkapan dua orang pria berinisial HF (28) dan RF (24) pada Kamis (28/12). Mereka berdua kedapatan membawa obat daftar G jenis THD.

“Kedua pelaku ditangkap oleh Satuan Lalu Lintas Polres Balangan yang sedang melaksanakan razia di Desa Layap Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan. Saat itu salah seorang di antaranya kedapatan membawa obat jenis THD yang di bungkus plastik berjumlah 451 Butir,” ujar Kasat Suherman yang mewakili Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni, Sabtu (30/12/2017)

Baca Juga :   Operasi Antik Intan 2018, 10 Tersangka Kasus Narkoba Digulung

Dari temuan tersebut, kedua orang tersangka dan barang bukti dibawa ke Polres Balangan dan diserahkan ke Sat Narkoba. Polisi selanjutnya memeriksa kedua orang itu untuk pengembangan. Kepaada Polisi, HF mengatakan bahwa obat jenis THD dibeli di sebuah toko obat di Amuntai, Kabupaten HSU.

Dari keterangan HF, anggota Polres Balangan dan Polres HSU menggeledah toko obat yang dimaksud. Polisi menemukan 1.260 butir obat Jenis THD yang dibungkus dalam kantong plastik kecil/klip masing-masing berisi 10 butir di apotek tersebut.

“Saat ini tersangka dan barang bukti sudah diamankan ke Polres Balangan guna proses lebih lanjut dan dia akan dikenakan pasal pelanggaran praktik kefarmasian sebagaimana dimaksud dalam rumusan Pasal 198 UU RI No.36 Tahun 2009. Tentang Kesehatan,” kata Suherman.

F. M HIDAYATULLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here