Polres Banjarbaru Sita 1 Kg Sabu-sabu

221

KabarKalimantan, Banjarbaru – Jajaran Polres Banjarbaru berhasil mengungkap jaringan perdagangan narkotika kelas kakap di wilayah Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru. Tak tanggung-tanggung, sabu-sabu seberat 1 Kg berhasil disita dari seorang bandar narkoba berinisial NA.

Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya mengungkapkan, pelaku NA diciduk saat sedang berada di rumah kontrakannya di Komplek Citra Palam, Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru pada Selasa (31/7) lalu sekitar pukul 19.00 Wita.

“Saat dilakukan penggeledahan, kami menemukan sejumlah barang bukti, di antaranya alat timbangan digital, alat hisap sabu (bong), plastik klip yang diduga sebagai pembungkus sabu-sabu serta sabu-sabu yang sudah dibagi dalam beberapa paket kecil siap edar,” kata Kelana Jaya dalam press release yang digelar di Mapores Banjarbaru, Kamis (2/8).

Kelana Jaya mengatakan, pelaku NA yang diduga bandar besar ini awalnya tak mengaku kalau barang haram dengan berat kotor 1,082,51 gram itu adalah miliknya.

Baca Juga :   83 Adegan Pembunuhan Levie Prisilia Direkonstruksikan

“Tersangka mengaku sabu-sabu dan sejumlah barang bukti lainnya itu didapatkanya dari sesorang yang rencananya akan dipasarkan ke wilayah Banjarbaru, Banjarmasin, Binuang dan Sungai Danau,” jelas Kelana Jaya.

Dari setiap penjualan barang haram yang jika dirupiahkan mencapai Rp 1,5 miliar itu, lanjut Kelana Jaya, tersangka mengaku mendapatkan fee dari pendistribusian sebesar Rp 1 juta per ons.

“Tersangka akan dijerat Pasal 114 Ayat 2 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 6 tahun dan maksimal 20 tahun penjara,” tandasnya.

Sementara itu, Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani yang hadir dalam press release Polres Banjarbaru itu menyebutkan, tertangkapnya bandar narkoba ini menjadi prestasi sekaligus perhatian semua elemen masyarakat Banjarbaru.

Ia juga mengimbau, kasus peredaran narkoba ini hendaknya dijadikan sebagai antisipasi bahwa narkoba bukan perkara yang harus diselesaikan oleh polisi saja. “Saya ingin, masyarakat juga ambil andil dalam pemberantasan narkoba,” ujarnya.

Baca Juga :   Menyamar sebagai Pembeli, Polisi Berhasil Kelabui hingga Meringkus Pengedar Sabu-sabu Ini

Nadjmi juga meminta kepada masyarakat agar selalu waspada dan tak sungkan melaporkan jika ada tingkah laku serta aktivitas mencurigakan yang berkaitan dengan narkoba atau pun peredarannya.

Bahkan, Nadjmi juga ingin menyosialisasikan hal demikian kepada para RT agar mawas lingkungannya. “Sehingga semua saling dukung dan saling berperan untuk pemberantasan narkoba. Adanya barang bukti sebesar ini di Banjarbaru tentu bukan perkara yang kecil. Kita ingin komunikasi berjalan, saling terintregitas dan bersama memerhatikan kondisi di lapangan sebagai upaya pencegahan akan rentannya peredaran narkoba,” pungkasnya.

Ananda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here