Kam. Apr 2nd, 2020

Polres Kotabaru Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Intan 2018

2 min read

KabarKalimantan, Kotabaru – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Polres Kotabaru melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Intan 2018, di halaman Mapolres Kotabaru, Rabu (6/6/2018).

Apel gelar pasukan yang disiapkan untuk pengamanan arus mudik lebaran yang dipimpin langsung Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto S Ik, Wakapolres Kotabaru Kompol Yusriadi Yusrin, Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad, Forum Koordinasi Perangkat Daerah Kotabaru serta ratusan anggota pengamanan Operasi Ketupat Intan 2018.

Pada kesempatan itu, Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto S Ik yang bertindak sebagai inspektur upacara mengatakan, sesuai intruksi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Prof H Muhammad Tito Karnavian, Operasi Ketupat Intan 2018 diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda jajaran selama 18 hari mulai 7-24 Juni 2018.

Operasi ini melibatkan sebanyak 173.397 personel pengamanan gabungan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Pemda Kotabaru serta stakeholder terkait dan elemen masyarakat. Rencana operasi disusun melalui serangkaian evaluasi terhadap pelaksanaan Operasi Ketupat Intan 2017 lalu disertai analisa potensi gangguan Kamtibmas di tahun 2018. Sehingga pada pelaksanaan operasi tahun ini setidaknya terdapat 4 potensi kerawanan yang harus di waspadai bersama.

Baca Juga :   Seru, Polisi Kotabaru Kejar-kejaran di Aksi Balap Liar

“Sehubungan dengan hal tersebut, saya menekankan kepada seluruh personel terutama pada titik rawan macet dan titik rawan kecelakaan, agar benar-benar melakukan pemantauan secara cermat. Berbagai strategi bertindak yang telah ditetapkan diharap diikuti dengan baik. Optimalkan pelayanan pada 3.097 pos pengamanan, 1.112 pos pelayanan, 7 pos terpadu dan 12 chek point yang tergelar selama penyelenggaraan operasi. Disamping itu juga di laksanakan pengamanan di tempat ibadah, pusat keramaian, mako polri, serta aspek keselamatan personel pengamanan harus menjadi perhatian,” tegasnya.

Ia juga menegaskan kepada jajarannya agar memperkuat pengamanan pada objek-objek tersebut dan laksanakan pendampingan personal pengamanan oleh personel bersenjata (Buddy System).

“Khususnya dalam mewujudkan keamanan secara umum, saya perintahkan kepada seluruh jajaran untuk terus menerus meningkatkan kerjasama dengan rekan-rekan TNI serta stakeholder terkait lainnya,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Kotabaru AKP Alvin Agung S Ik menjelaskan, di Kabupaten Kotabaru telah dibangun dua buah pos yakni di dekat Pelabuhan Tanjung Serdang dan di depan Pelabuhan Panjang.

Baca Juga :   Petani Binaan Polisi Mulai Panen Cabai

“H-3 nanti kemungkinan yang nantinya akan terjadi kepadatan, namun pada tahun 2018 ini kepadatan para pemudik berkurang, paling yang kami antisipasi nanti para pengendara roda dua dan pengemudi roda empat agar selalu membawa dan memakai perlengkapannya di saat mengemudi,” tukasnya.

Ardiansyah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.