Jum. Apr 10th, 2020

Polres Tanbu Berhasil Ungkap Kasus Curanmor dan Penipuan

2 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Polres Tanah Bumbu berhasil menindak 10 pelaku tindak pidana dari tiga kasus curanmor, curat dan penggelapan di berbagai wilayah di Kabuoaten Tanah Bumbu.

Pengungkapan kasus tersebut dipublikasikan dalam konferensi pers yang digelar di halaman Mapolres Tanah Bumbu, Jalan Bhayangkara, Kecamatan Simpang Empat, Tanah Bumbu, Jumat (21/2/2020).

Kapolres Tanah Bumbu AkBP Sugianto Marweki S IK melalui Kasat Reskrim IPTU Andi M Ikbal mengatakan, seluruh kasus tindak pidana tersebut merupakan hasil penangkapan sejak awal 2020 lalu dan semua barang buktinya turut diperlihatkan dalam konferensi pers tersebut.

“Dalam waktu 12 hari, satuan Reskrim Polres Tanbu menggungkap 17 Laporan Polisi (LP) dari 2 kasus curanmor dan 15 modus operandi KTP, dan berhasil menyita 16 unit kendaraan roda dua berbagai merk serta 1 unit mobil Honda Jazz warna kuning. Kesemua kasus ini berhasil diungkap berkat kerjasama Satreskrim dan Polsek jajaran,” jelasnya.

Sementata untuk kasus operandi KTP, lanjut Andi Ikbal, termasuk tindak pidana dengan modus baru. “Modusnya dengan cara meminjam KTP milik orang lain, untuk mengambil kredit unit sepeda motor di dealer. Dengan uang muka rendah atau membayar uang DP, kemudian sepeda motor kredit itu tidak dibayar lagi. Dan dijual dengan harga Rp 15 juta per unit,” terangnya.

Sedangkan untuk modus yang dilakukan para pelaku curanmor, kali ini yang banyak tertangkap kebanyakan dengan cara merusak kunci motor korban dengan kunci later T.

“Sepuluh pelaku yang sudah kami amankan ini akan kami jerat dengan Pasal 362 dan 363 KUHP, dengan ancaman hukuman 5-7 tahun penjara. Sementara yang masih buron, kami masih melakukan pengejaran,” bebernya.

Andi mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu agar berhati-hati dan waspada terhadap setiap tindak kejahatan yang selalu mengintai.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.