Porprov Kalsel, Taekwondo Kotabaru Target Delapan Emas

468

Kabar Kalimantan, Banjarmasin – Persatuan Taekwondo Indonesia (TI) Kabupaten Kotabaru percaya diri menyambut gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-X Kalsel. TI Kotabaru mematok target meraup delapan medali emas pada ajang multieven olahraga empat tahunan tersebut.

“Target yang kami berikan cukup realistis berkaca dari hasil Popda 2017 dengan delapan emas, dan lima emas dari Kejurprov Pra-Porprov,” ujar pelatih TI Kotabaru Tahta Syam Utama.

TI Kotabaru memang menjadi juara pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Pra-Porprov Kalsel 2017, beberapa hari yang lalu. TI Kotabaru sukses meraup lima medali emas dan dua medali perak.

“Alhamdulillah, bisa raih juara umum. Meski yang bertanding hanya 10 orang, delapan atlet lainnya tidak dapat ikut serta karena berhalangan hadir. Tapi kami bisa maksimal raih medali,” terangnya.

TI Kotabaru menguasai lima kelas dari nomor kyurogi lada Kejurprov Taekwondo beberapa bulan lalu. Di antaranya M Zaenal Ilmi kelas U-68 kilogram, Alvian Winanda kelas Over 87 kilogram,Delila Nur K Kelas U-57 kilogram, Rima Amelia P kelas U-49 kilogram, dan Rika Putri A kelas U-67 kilogram.

Ditanya nengenai porsi latihan, Tahta mengatakan rutinitas latihan yang diterapkan dua kali dalam sepekan. “Rabu sore pukul 16.00 Wita dan Minggu pagi pukul 08.00 Wita latihan di Gedung Mahligai Pemuda Kotabaru, sisanya latihan di luar gedung atau di lapangan,” bebernya.

Deretan prestasi gemilang ditorehkan tim TI Kotabaru selama tahun 2016. Di antaranya Juara Umum Kejurprov ULM Cup 2016 memperoleh 17 medali emas, enam medali perak, dua medali perunggu, Juara Umum IAIN Antasari Cup 2016 meraih 13 medali medali emas, empat medali perak, enam medali perunggu, dan Juara BTC 5 dan 6 menyabet 15 emas, sembilan medali perak, dan 12 perunggu.

Pada 2017, selain juara umum Kejurprov Pra Porprov, Tahta menambahkan anak asuhnya juga mampu merajai cabang olahraga (cabor) Taekwondo se-Kalsel di berbagai kejuaraan.

“Juara Umum Popda 2017 dengan 8 medali emas, dua medali perak, enam medali perunggu, lalu Juara Umum BTC Championship dengan 15 medali emas, sembilan medali perak, dan 15 medali perunggu,” imbuhnya.

Salah satu peraih emas Pra-Porprov 2017, M Zaenal Ilmi mengaku bersyukur dan menjadi terpacu untuk lebih berprestasi. “Alhamdulillah, apa yang sudah diberikan pelatih selama latihan dapat dijalankan meski menurut saya belum maksimal. Semoga di Porprov nanti bisa berprestasi seperti ini,” ujarnya.

 

 

Muhammad Dirga

 

Catatan: Artikel sudah terbit di edisi cetak Kabar Kalimantan berjudul “TI Kotabaru Target Delapan Emas” pada Rabu (2/8/2017).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here