PPK Antisipasi Distribusi Logistik Lewat Sungai

137

AMUNTAI, KK – Panitia Pemilihan Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengantisipasi penyaluran logistik lewat jalur sungai dan perairan rawa yang bisa merusak logistik untuk Pilkada HSH, khususnya kertas suara.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Amuntai Selatan Umar Said di Amuntai mengatakan, sejumlah logistik Pilkada HSU nantinya harus diantar melalui jalur sungai menggunakan perahu motor karena akses jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

“Kalau melalui jalur sungai ancamannya kertas suara bisa terjatuh ke dalam air sehingga perlu diantisipasi agar peristiwa itu tidak terjadi,” ujar Umar.

Umar mengatakan, sejumlah desa di wilayah Kecamatan Amuntai Selatan hanya bisa diakses lewat jalur darat menggunakan kendaraan roda dua dan lewat transportasi air sehingga cukup menyulitkan bagi PPK dalam menyalurkan peralatan dan logistik, terlebih bagi desa yang lokasinya terpencil.

Kekhawatiran Umar cukup beralasan karena dalam pelaksanaan penyaluran logistik berupa kertas suara, tinta dan lainnya tidak bisa diprediksi apakah proses transportasi melalui jalur sungai cukup aman dan kondisi cuaca memungkinkan.

“Kita akan berhati-hati dan memprioritaskan keamanan penyaluran logistik pemilu agar tidak sampai rusak, khususnya yang terpaksa didistribusikan melalui transportasi air,” katanya.

Ia berharap KPUD Hulu Sungai Utara menyediakan kantong plastik berukuran besar untuk melindungi alat-alat losgitik khususnya kertas suara yang akan didistribusikan ke wilayah perairan terpencil.

Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 15 Februari ini tugas PPK juga memilih lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang strategis dari segi keamanan dan kemudahan didatangi warga yang akan menggunakan hak pilih nanti.

“Jelang Pilkada kita juga terus memberikan bimbingan dan pengarahan kepada petugas PPS dan KPPS agar semakin memahami tugas dan teknis pelaksanaan Pilkada sehingga bisa menghindari hambatan dalam pelaksanaan nanti,” katanya. dnn⁠⁠⁠⁠

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here