Jum. Feb 28th, 2020

Presiden Jokowi Membolehkan Sertifikat Digadaikan, Asal…

2 min read

Presiden Joko Widodo ketika bagi-bagi sembako ke tukang becak di Pasar Baru, Banjarmasin, Jumat (15/9/2017). Foto: Setpres

KabarKalimantan, Banjarmasin – Presiden Joko Widodo memberikan sertifikat tanah gratis ke ribuan orang di Gedung Sultan Suriansyah, Kota Banjarmasin, Jumat (15/9/2017). Presiden mempersilakan masyarakat yang sudah mendapat sertifikat tanah untuk digadaikan ke perbankan.

“Saya tahu, pasti setelah dapat sertipikat ini, ada Bapak Ibu, ada yang mensekolahkan sertifikat tanah ini kan, ayo ngaku saja,” kata Jokowi setengah bercanda saat sambutan penyerahan 2.500 sertifikat tanah, Jumat (15/9/2017).

Salah satu alasan Joko Widodo membolehkan masyarakat “menyekolahkan” sertifikat tanah untuk menambah modalan usaha. Melalui perputaran modal usaha, masyarakat bisa menebus kembali sertifikat tanah itu setelah cicilan lunas.

“Jangan sampai, sertifikatnya disekolahkan, terus uangnya dibelikan mobil atau motor. Saya jamin, itu sertifikat akan jadi milik bank,” ujar Jokowi mengingatkan.

Presiden Jokowi berharap, pemberian sertifikat bisa membuat harga tanah masyarat lebih mahal untuk digadaikan, dan nantinya duit hasil pengadaian bisa dijadikan modal mengembangkan usaha.

Baca Juga :   Jaksa Korek Keterangan Terkait Laba PDAM Rp 7 M

“Sebelum digadikan tolong Bapak Ibu perkirakan, angsuranya agar sertifikat itu tidak jadi milik orang lain selamanya,” kata Jokowi, seraya menambahkan pembagian sertifikat bisa menekan persoalan sengketan tanah.

Sepuluh perwakilan masyarakat secara simbolis menerima pembagian sertifikat tanah. Adapun total sertifikat yang dibagikan sebanyak 2.500. Warga yang mendapat sertifikat gratis di antaranya berasal dari Kabupaten Banjar 500 sertifikat, Kabupaten Barito kuala 500 sertifikat, Kota Banjarbaru 300, Kabupaten Tanah Laut 200 sertifikat dan beberapa wilayah lain se-Kalsel.

Presiden Joko Widodo datang ke Banjarmasin dalam rangkaian membua Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) ke-10. Selain pembagian sertifikat dan membuka FASI ke-10, Joko Widodo sempat menyambangi Pasar Baru dan membagikan Kartu Indonesia Pintar plus bantuan sosial PKH di Balai Kota Banjarmasin.

M. RIZAL KHALQI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.